DPRD Bekasi Sentil Pemkot Dinilai Tak Konsisten Terapkan Regulasi 

Hal iin terkait regulasi kompetisi BRI Liga 1 2023/2024

Bekasi, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi menyayangkan tidak konsistennya Pemerintah Kota Bekasi dalam menerapkan regulasi kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

Ketua Komisi 4 DPRD Kota Bekasi Daradjat Kardono mengatakan, Pemkot Bekasi menggelar senam sparco di Stadion Patriot Candrabhaga pada Selasa (8/8/2023). Hal itu disebut melanggar aturan karena stadion harus steril sejak 48 jam sebelum pertandingan. 

"Ada regulasi kompetisi Pasal 17 Ayat 2 bilangnya 48 jam sebelumnya harus steril tidak boleh ada kegiatan apa pun. Kalau itu benar (senam sparco), saya kira ini sangat disayangkan karena inkonsistensi dalam penegakan regulasi," katanya kepada wartawan, Selasa (8/8/2023). 

Baca Juga: Plt Wali Kota Bekasi Tegur Kadispora soal Izin buat PKS Pakai Stadion

1. Pemkot Bekasi diminta konsisten

DPRD Bekasi Sentil Pemkot Dinilai Tak Konsisten Terapkan Regulasi Pesepakbola Bhayangkara FC Renan Silva (kanan) berebut bola dengan pesepakbola Madura United Bayu Gatra (kiri). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Daradjat menegaskan, Pemkot Bekasi harus konsisten mengikuti regulasi yang sudah ditentukan. 

"Kalau menurut saya, harus ada kepastian hukum lah ya. Kalau ada regulasi kalau memang mau diikutin konsisten, ya konsisten jangan pandang bulu," jelasnya. 

Dia pun membandingkan dengan pencabutan izin agenda PKS di Stadion Patriot Candrabhaga yang saat itu akan menghadirkan bakal calon presiden Anies Baswedan. 

"Apalagi sekarang kan tahun politik, ketika ada sebuah kepentingan yang dirasa menguntungkan kemudian dilonggarkan, ada kepentingan yang dirasa menyulitkan kemudian malah diketatkan, nah, ini perlu jadi catatan yang harus disikapi dengan baik," katanya. 

2. Senam sparco dibenarkan Kadispora

DPRD Bekasi Sentil Pemkot Dinilai Tak Konsisten Terapkan Regulasi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Bekasi Ahmad Zarkasih. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Bekasi Ahmad Zarkasih membenarkan bahwa Pemkot Bekasi menggelar senam sparco. Menurutnya, hal itu dibolehkan sepanjang tidak menginjak rumput. 

"Benar (ada senam sparco), sepanjang itu tidak mengganggu jalannya pertandingan liga begitu, tidak ada masalah, kan ada panitia penyelenggarannya," katanya saat dikonfirmasi. 

3. Pemkot Bekasi cabut izin lokasi kunjungan Anies Baswedan

DPRD Bekasi Sentil Pemkot Dinilai Tak Konsisten Terapkan Regulasi Bakal Capres 2024, Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan. (IDN Times/Imam Faishal))

Sebelumnya, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bekasi gagal menyelenggarakan acara senam sehat bersama calon presiden (capres) Anies Baswedan, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (29/7/2023) pagi. 

Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan izin pada Rabu, 26 Juli 2023, dengan perjanjian dilarang menginjak rumput lapangan Stadion Patriot. 

"Sebelum surat izin keluar, kami dengan kepala Dispora survei ke sana (Stadion Patriot) kita akan komitmen tidak akan menginjak rumput yang akan menjadi pertandingan, kita akan menggunakan jogging track," katanya kepada wartawan, Jumat (28/7/2023).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya