Mahfud MD Sebut Ada 1147 Pengungsi Rohingya di Indonesia

Indonesia membantu demi kemanusiaan

Bekasi, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut pengungsi Rohingya di Indonesia sudah mencapai 1.147 orang. 

Mahfud mengatakan, pengungsi Rohingya akan terus bertambah di Indonesia. Sebab, akses masuk ke negara lain untuk warga Rohingya sudah ditutup. 

"Jumlahnya sekarang sudah 1.147 dan itu terus bertambah karena gelombang pengungsi itu datang terus. Malaysia sudah tutup, Australia sudah menutup, sehingga Indonesia turun tangan," jelas Mahfud di Bekasi, Senin (4/12/2023). 

1. Demi kemanusiaan

Mahfud MD Sebut Ada 1147 Pengungsi Rohingya di IndonesiaIlustrasi pengungsi etnis Rohingya berada di Pulau Idaman, pesisir Pantai Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur, Aceh, Sabtu (5/6/2021). Sebanyak 81 orang pengungsi etnis Rohingya dengan tujuan Malaysia yang terdampar di Aceh pada 4 Juni 2021. (ANTARA FOTO/Irwansyah)

Mahfud mengatakan, Indonesia tidak menandatangani organisasi United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) tentang para pengungsi. 

Meski begitu, lanjut Mahfud, dibolehkannya warga Rohingya mengungsi di Indonesia merupakan bentuk kemanusiaan pemerintah. 

"Di Indonesia itu sebenarnya tidak ikut menandatangani konferensi PBB tentang para pengungsi, tapi demi kemanusiaan Indonesia itu menolong terus," jelasnya. 

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Mahfud Bantu Tangani Pengungsi Rohingya di RI

2. Rapat penanganan warga Rohingya

Mahfud MD Sebut Ada 1147 Pengungsi Rohingya di IndonesiaCawapres nomor urut tiga, Mahfud MD. (IDN Times/Imam Faishal)

Mahfud menambahkan, pihaknya akan melakukan rapat untuk mencari cara mengembalikan pengungsi Rohingya ke negara asalnya. 

"Tapi turun tangan terus-terusan kewalahan, orang Aceh sudah menolak, di sini kami punya keperluan juga atas tanah atas makanan," katanya. 

"Nah besok akan kita rapatkan bagaimana caranya mengembalikan ke negaranya melalui PBB, karena ada perwakilannya, nanti saya akan pimpin rapatnya," jelasnya. 

Baca Juga: Indonesia Tidak Biarkan Rohingnya Menangis dalam Senyap

3. Jokowi minta Mahfud tangani pengungsi Rohingya

Mahfud MD Sebut Ada 1147 Pengungsi Rohingya di IndonesiaMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD ketika mendampingi Jokowi ke Malang pada 5 Oktober 2022. (Dokumentasi Polhukam)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo merespons banyaknya pengungsi Rohingya masuk Aceh. Jokowi mengaku, sudah memerintahkan Menko Polhukam, Mahfud MD, membantu menangani pengungsi Rohingya.

"Ya saya telah memerintahkan kepada Menko Polhukam untuk menangani bersama-sama dengan daerah, bersama-sama dengan UNHCR (Badan PBB untuk Pengungsi)," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/12/2023).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya