Ruko di Bekasi Didatangi Polisi Usai Viral Penipuan Lowonga Kerja

Satpol PP periksa izin perusahaan yang diduga modus penipuan

Bekasi, IDN Times - Polsek Bekasi Selatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi mendatangi perusahaan yang diduga menjadi kantor penipuan, dengan modus lowongan pekerjaan di Ruko Rose Garden 3, No 83, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Jupriono mengatakan pihaknya dan Satpol PP telah mendatangi lokasi perusahaan tersebut pada Rabu (26/7/2023). 

"Setelah kami telusuri dan kami datangi bersama-sama dengan petugas Satpol PP Kota Bekasi, ternyata kita tidak menemukan korban penipuan yang ada di ruko Rose Garden, Galaxy itu," katanya kepada wartawan, Kamis (27/7/2023). 

Baca Juga: Viral! Ojol di Bekasi Selamatkan Wanita Korban Penipuan Lowongan Kerja

1. Situasi perusahaan sepi

Ruko di Bekasi Didatangi Polisi Usai Viral Penipuan Lowonga KerjaKapolsek Bekasi Selatan Kompol Jupriono. (IDN Times/Imam Faishal)

Jupriono menjelaskan, pihaknya tidak menemukan papan nama perusahaan tersebut. Saat mendatangi perusahaan tersebut juga pihaknya hanya menemukan dua staf dan sepi dengan kegiatan.

"Ya kemarin, situasi di sana sepi, hanya ada dua orang karyawannya yang kita temui, gak ada petugas keamanan," jelasnya.

2. Satpol PP panggil pemilik usaha

Ruko di Bekasi Didatangi Polisi Usai Viral Penipuan Lowonga KerjaRuko yang di duga menjaadi kantor penipuan. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Bekasi, Karto, menjelaskan pihaknya sudah menjadwalkan pemanggilan kepada pemilik perusahaan untuk pengecekan legalitas perusahaan. 

"Besok baru kita panggil, karena kemarin dia belum bisa menunjukkan bukti-bukti dia usahanya. Baru jumat (Besok) kita panggil," jelasnya, saat dikonfirmasi. 

Karto membenarkan perusahaan tersebut bergerak di bidang penyalur ketenagakerjaan. Kepadanya, pihak perusahaan tersebut tidak meminta uang kepada calon pencari kerja. 

"Temuan awal memang dia sebagai penyalur tenaga kerja. Kalau kemarin sih, pengakuan dari perusahaan itu sih gak (minta uang)," jelasnya.

Baca Juga: Dua Pria di Bekasi Beli Mobil Hasil Curi Motor Selama Setahun

3. Ojol selamatkan wanita pencari kerja

Ruko di Bekasi Didatangi Polisi Usai Viral Penipuan Lowonga KerjaIsi chat antara korban dan rider ojol. (Instagram @Ojol24Jam)

Sebelumnya, sebuah tangkapan layar berisi chat antara pengemudi ojek online (ojol) yang menyelamatkan penumpangnya dari modus penipuan berkedok lowongan pekerjaan, viral di media sosial.

Tangkapan layar tersebut viral setelah akun Instagram Gojek24jam mengunggahnya kembali. Dalam percakapan tersebut, terlihat seorang calon penumpang sedang meminta tolong kepada pengemudi ojol tersebut. 

"Mas tolongin saya, saya gemeteran. Mau kabur dari tempat ini. Saya ruke (ruko) nomor 83," kata penumpang tersebut kepada driver ojol, dikutip Kamis (27/7/2023). 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya