Satu Warga Kota Bekasi Positif Cacar Monyet

Terdapat 8 temuan suspek cacar monyet di Bekasi

Bekasi, IDN Times - Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyampaikan, satu warganya positif cacar monyet atau monkeypox. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menjelaskan, pihaknya mengonfirmasi terdapat 8 orang suspek cacar monyet. Berdasarkan hasil lab Kementerian Kesehatan yang diterima Dinkes, dari 8 itu, 3 orang di antaranya positif cacar monyet. 

"Rinciannya sebanyak dua kasus luar Kota Bekasi dan satu kasus Kota Bekasi. Sementara yang 5 kasus negatif Kota Bekasi, dirinci 2 sembuh dan tiga orang kontak erat," kata Tanti melalui keterangan tertulis, Selasa (14/11/2023). 

Baca Juga: Pasien Cacar Monyet di Jawa Barat Bertambah Jadi Lima Orang

1. Menjalani isolasi di rumah sakit

Satu Warga Kota Bekasi Positif Cacar Monyetilustrasi monkeypox atau cacar monyet (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat ini, lanjut Tanti, satu orang warganya yang positif sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Kota Bekasi. Sementara dua orang lainnya, menjalani isolasi di rumah sakit luar Kota Bekasi.

"Satu orang positif cacar monyet di Kota Bekasi bersinisial AR (laki-laki) berdasarkan status NAR (New All Record), big data Kemenkes RI, dan sedang menjalani isolasi di RS dengan status Mpox - Konfirmasi bergejala dengan hasil lab positif," jelas Tanti. 

2. Warga diimbau hindari kontak dengan hewan penular cacar monyet

Satu Warga Kota Bekasi Positif Cacar Monyetilustrasi monkeypox (IDN Times/Aditya Pratama)

Tanti mengimbau masyarakat agar menghindari kontak langsung dengan hewan yang diduga penular cacar monyet seperti hewan pengerat, marsupial, primata non-manusia (mati atau hidup). 

Selain itu, dia juga mengimbau warga untuk tidak mengonsumsi atau menangani daging hewan liar atau hasil perburuan.

"Biasakan mengonsumsi daging yang sudah dimasak dengan benar," imbau Tanti. 

3. Kasus di Jabar terus bertambah

Satu Warga Kota Bekasi Positif Cacar MonyetGedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Media/IDN Times)

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat mencatat, hingga Senin (13/11/2023), total kasus cacar monyet sudah mencapai lima orang.

Kepala Dinkes Jabar Vini Adiana Dewi mengatakan, ada beberapa kasus baru yang terjadi di beberapa wilayah di Jabar. Dari sebelumnya hanya di Kota Bandung, kini ada juga ditemukan di Kota dan Kabupaten Cirebon.

"Yang positif (cacar monyet) menjadi lima orang, bertambah satu. Jadi ada di Kota Bandung itu sudah sembuh, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cirebon, dan Kabupaten Cirebon (baru)," katanya saat dikonfimasi, Senin (13/11/2023).

Baca Juga: Dinkes Cimahi Telusuri Kontak Erat Suspect Cacar Monyet Asal Cianjur

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya