Sekitar 300 Pendaki Masih Terjebak di Gunung Rinjani

Tim gabungan terus mengevakuasi pendaki Gunung Rinjani

Lombok, IDN Times - Saat gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya, ada lebih dari 800 pendaki terjebak di atas Gunung Rinjani. Kapolres Lombok Timur AKBP M Eka Faturrahman mengungkapkan bahwa sekitar 500 pendaki sudah turun gunung. 

1. Sebanyak 300 pendaki masih terjebak di Gunung Rinjani

Sekitar 300 Pendaki Masih Terjebak di Gunung RinjaniTuris asing yang mendaki Gunung Rinjani berhasil turun gunung (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Berdasarkan data dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), jumlah pendaki ke Gunung Rinjani tercatat 826 jiwa, termasuk orang asing. 

"Sejauh ini data dari Taman Nasional Gunung Rinjani, sekitar 300 pendaki yang masih (terjebak) di Gunung Rinjani," kata Eka Faturrahman ketika diwawancarai Kompas TV, Minggu (29/7). 

Sementara sekitar 500 lainnya sudah berhasil turun gunung. Proses evakuasi pendaki masih dilakukan oleh petugas BTNGR, Kantor SAR Mataram, Brimob Polri NTB dan relawan.

2. Gempa susulan, warga masih panik

Sekitar 300 Pendaki Masih Terjebak di Gunung RinjaniHumas BNPB

Selain itu, Eka Faturrahman mengungkapkan, gempa susulan masih terjadi hingga pukul 18.00 WITA. "Gempa susulan ini bikin warga panik," kata dia. 

Tim gabungan, termasuk anggota TNI, terus mencari dan memeriksa apakah masih ada warga atau pendaki yang terluka. "Sekitar seribu hingga dua ribu warga sudah kembali ke rumah masing-masing," imbuhnya. 

3. Sedikitnya 14 orang meninggal dunia

Sekitar 300 Pendaki Masih Terjebak di Gunung RinjaniKorban gempa Lombok ( ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Data sementara berdasarkan laporan BPBD Provinsi NTB, tercatat 14 orang meninggal dunia, 162 jiwa luka-luka dan ribuan unit rumah rusak. Dampak terparah dari gempa itu terdapat di Kabupaten Lombok Timur. Jumlah ini bertambah 4 orang dari rilis BNPB sebelumnya yang mencatat 10 orang tewas.

Baca: Gempa Lombok, Korban Meninggal Jadi 14 Orang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya