Sutopo BNPB: Tak Ada Tsunami di Pantai Anyer dan Lampung Selatan 

Yang terjadi hanyalah gelombang pasang

Update 23 Desember 2018, 09.00 WIB: Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, memastikan bahwa telah terjadi tsunami yang menghantam wilayah pesisir Kabupaten Pandeglang, Banten dengan ketinggian rata-rata satu hingga dua meter pada Sabtu (22/12) malam.

"Tak ada gejala seismisitas tektonik yang memicu tsunami, sehingga setelah tadi berkoordinasi dengan Badan Geologi, diduga hal ini terjadi akibat erupsi, baik kemungkinan bisa langsung atau tak langsung, memicu terjadinya tsunami," kata Dwikorita Minggu (23/12), dilansir dari Antara.

Simak terus perkembangan terbaru dari bencana tsunami Banten di sini.

Jakarta, IDN Times - BMKG memastikan tidak ada gempa besar yang dapat membangkitkan tsunami, baik gempa di sekitar Selat Sunda maupun di Samudera Hindia. Seperti diketahui, masyarakat di sekitar Pantai Anyer dan Lampung Selatan dikagetkan dengan adanya air laut naik yang menerjang bangunan di sekitar pantai pada pukul 21.30 WIB malam ini, Sabtu (22/12).

"Jadi fenomena yang ada saat ini bukan tsunami. Tidak ada tsunami di wilayah Indonesia saat ini," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

1. Purnama menyebabkan permukaan air laut naik

Sutopo BNPB: Tak Ada Tsunami di Pantai Anyer dan Lampung Selatan IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Sutopo, gelombang naik cukup besar juga bersamaan dengan kencang. Fenomena ini disebabkan oleh adanya gelombang pasang. "Apalagi saat ini sedang bulan purnama sehingga menyebabkan permukaan air laut naik," imbuhnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gelombang Air Pasang di Anyer Merobohkan Tembok Jalan

2. Gelombang pasang tidak berhubungan dengan erupsi Gunung Anak Krakatau

Sutopo BNPB: Tak Ada Tsunami di Pantai Anyer dan Lampung Selatan IDN Times/Margith Damanik

Sutopo memastikan, fenomena gelombang pasang tersebut huga tidak ada hubungannya dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. "Sejak tadi pagi memang terjadi erupsi, namun erupsi kecil yang tidak menimbulkan pengaruh kenaikan gelombang air laut," kata dia.

3. Beberapa data menunjukkan terjadinya gelombang pasang

Sutopo BNPB: Tak Ada Tsunami di Pantai Anyer dan Lampung Selatan IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Berdasarkan hasil pengamatan data pasang surut dari papan pengukuran (tidegauge) dari BMKG, beberapa data menujukkan bahwa memang terjadi pasang yaitu sebagai berikut.

a. Tidegauge Serang tercatat pukul 21.27 WIB ketinggian 0.9 meter.
b. Tidegauge Banten tercatat pukul 21.33 WIB ketinggian 0.35 meter.
c. Tidegauge Kota Agung Lampung tercatat pukul 21.35 WIB ketinggian 0.36 meter
d. Tidegauge Pelabuhan Panjang tercatat pukul 21.53 WIB ketinggian 0.28 meter.

4. Masyarakat diimbau tetap tenang

Sutopo BNPB: Tak Ada Tsunami di Pantai Anyer dan Lampung Selatan IDNTimes/Fitang Adhitia

BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD dan relawan masih melakukan penanganan di lapangan. Evakuasi dilakukan di beberapa tempat. Pendataan dan penanganan masih dilakukan. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpancing pada isu-isu yang menyesatkan. Untuk sementara hindari aktivitas di sekitar pantai. Perhatikan kondisi lingkungan yang ada."Sekali lagi disampaikan bahwa tidak ada tsunami, yang terjadi adalah gelombang pasang di sekitar pantai," kata Sutopo.

Baca Juga: Keren! Sutopo Kembali Dapat Penghargaan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya