Tiga Jenazah Korban Lion Air Dipulangkan Hari Ini dari RS Polri

Tiga korban teridentifikasi melalui data ante mortem

Jakarta, IDN Times - Tiga jenazah korban pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 berhasil diidentifikasi pada Sabtu (3/11). Rencananya akan dipulangkan dari Rumah Sakit Bhayangkara Tk.I Raden Said Sukanto (Rumah Sakit Polri) di Kramat Jati, Jakarta Timur pada hari ini, Minggu (4/11). 

Tiga jenazah yang berhasil diidentifikasi yang pertama atas nama Endang Sri Bagusnita (20), perempuan asal Tangerang, Banten. 

Jenazah kedua  atas nama Wahyu Susilo (32), laki-laki asal Kabupaten Klaten. Jenazah yang ketiga yang berhasil diidentifikasi atas nama Fauzan Azima (25) laki-laki asal Sumatera Barat. 

1. Keluarga sepakat menginapkan jenazah korban

Tiga Jenazah Korban Lion Air Dipulangkan Hari Ini dari RS PolriIDN Times/Indiana Malia

"Pihak keluarga sepakat jenazah diinapkan dulu di rumah sakit, dan akan dipulangkan besok dengan penerbangan paling pertama dan keluar dari rumah sakit sekitar pukul 01.00 WIB dini hari," kata Kepala Instalasi Kedokteran Forensik Rumah Sakit Polri Kombes Pol Edy Purnomo, seperti dikutip dari Antara. 

Edy menambahkan, kepulangan dan pemakaman jenazah korban seluruhnya akan diurus oleh pihak Lion Air.  

Baca Juga: Begini Penampakan Roda Lion Air yang Berhasil Diangkat dari Dasar Laut

2. Suasana haru saat penyerahan jenazah

Tiga Jenazah Korban Lion Air Dipulangkan Hari Ini dari RS PolriANTARA FOTO/Bayu Satrio Wibowo

Penyerahan jenazah ketiga korban dari rumah sakit ke keluarga diliputi keharuan. Di antara keluarga korban yang hadir ada yang terlihat hampir pingsan. 

Hingga Sabtu malam sudah ada tujuh jenazah korban kecelakaan Lion Air JT 610 yang diidentifikasi. Sebelum jenazah Endang Sri Bagusnita, Wahyu Susilo, dan Fauzan Azima diidentifikasi, sudah ada empat jenazah yang diketahui identitasnya yakni Jannatun Cintya Dewi, Candra Kirana, Monni dan Hizkia Jorry Saroinsong. 

3. Jenazah diidentifikasi dari data ante mortem

Tiga Jenazah Korban Lion Air Dipulangkan Hari Ini dari RS Polri(Anggota DVI Antemortem Biddokkes Polda Kepulauan Bangka Belitung memeriksa baju terakhir yang dipakai oleh korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610) ANTARA FOTO/Ananta Kala

Ketiga jenazah tersebut berhasil diidentifikasi berdasarkan data ante mortem yang telah dikumpulkan, bukan berdasarkan sampel DNA. Data ante mortem tersebut mulai dari sidik jari, medis dan juga properti. 

Jenazah atas nama Endang Sri Bagusnita teridentifikasi berdasarkan data sidik jari dan medis. Sedangkan jenazah atas nama Wahyu Susilo teridentifikasi berdasarkan data sidik jari, medis dan properti. 

"Properti untuk jenazah Wahyu Susilo adalah jaket dan pakaian yang dikenakan," kata Lisda menjelaskan. Jenazah  Fauzan Azima teridentifikasi berdasarkan data sidik jari dan medis.

Baca Juga: Temuan Basarnas Hari Ke-6 Jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610, Apa Saja?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya