5 Persen Gen Z Masuk Kategori Online Kronis dalam Bermedia Sosial

Mayoritas Gen Z menggunakan media sosial 1-6 jam per hari

Jakarta, IDN Times - Kehadiran generasi Z di dunia maya secara signifikan lebih menonjol dibandingkan generasi yang lebih tua sehingga mencerminkan status mereka sebagai penduduk asli digital (digital native).

Gen Z saat ini masuk dalam dunia di mana batasan antara kehidupan offline dan online menjadi kabur, karena mereka belajar, bersosialisasi, dan bekerja melalui internet.

Bagi banyak Gen Z, media sosial lebih dari sekedar kenyamanan bahkan telah menjadi identitas mereka. Mereka menjalin koneksi, mencari validasi, dan menemukan tempat mereka di dunia melalui interaksi online, membentuk komunitas yang melampaui batasan geografis.

Baca Juga: Mayoritas Gaji Gen Z di Bawah Rp2,5 Juta per Bulan

1. Mayoritas Gen Z menghabiskan waktu 1-6 jam per hari

5 Persen Gen Z Masuk Kategori Online Kronis dalam Bermedia SosialLogo Twitter (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dalam lanskap yang saling terhubung ini, internet bukan sekadar alat tapi juga bagian integral dari kehidupan mereka sehari-hari, berfungsi sebagai kanvas di mana mereka melukiskan pengalaman, aspirasi, dan perkembangan perasaan diri mereka.

Mayoritas dari 602 Gen Z dalam survei IDN Media mengatakan bahwa mereka menghabiskan banyak waktu 1–6 jam di media sosial setiap hari.

Baca Juga: Gen Z Memilih, Ternyata Begini Peran Gen Z di Pemilu 2024

2. Sebanyak 5 persen Gen Z masuk kategori online kronis

5 Persen Gen Z Masuk Kategori Online Kronis dalam Bermedia Sosialilustrasi menjual mobil di media sosial (unsplash.com/Kobu Agency)

Selain itu, 13 persen responden mengaku menggunakan media sosial kurang dari satu jam setiap hari. Sementara itu, mereka yang menggunakan media sosial selama 6–10 jam sebanyak 14 persen.

Gen Z pengguna media sosial paling lama sebanyak lima persen atau lebih dari 10 jam per hari. Mereka bisa disebut masuk dalam kategori online kronis.

Baca Juga: 7 Cara Gen Z Memanfaatkan Media Sosial dengan Bijak dan Positif

3. IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit

5 Persen Gen Z Masuk Kategori Online Kronis dalam Bermedia SosialKantor IDN Media di Jakarta (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Millennial dan Gen Z di Tanah Air.

Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. IMGS 2023 diadakan pada 24-26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta.

Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2023. Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner.

Melalui survei yang melibatkan 2000-an responden ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA millennial dan gen Z Indonesia. Survei ini sendiri dilakukan pada periode 29 Mei-9 Juli 2023.

Baca Juga: 5 Hal yang Dipertimbangkan Milenial-Gen Z saat Belanja Skincare

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya