Anggota Polres Yahukimo Bripda Oktavianus Buara Tewas Dibunuh KKB

TPNPB-OPM sebut mengakui pembunuhan Bripda Oktavianus

Jakarta, IDN Times - Anggota Polres Yahukimo, Bripda Oktovianus Buara tewas dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di pertigaan jalan sekitar ruko Block B, Jalan Papua, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Selasa (16/4/2024).

Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

“Bripda Oktavianus ditemukan meninggal dunia yang diduga akibat dianiaya OTK dan rencana jenazah akan dievakuasi ke Jayapura," kata Heru.

1. Bripda Oktovianus Buara mengalami luka tusuk di sekujur tubuh

Anggota Polres Yahukimo Bripda Oktavianus Buara Tewas Dibunuh KKBAnggota Polres Yahukimo, Bripda Oktovianus Buara tewas dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di pertigaan jalan sekitar ruko Block B, Jalan Papua, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Selasa (16/4/2024). (DOK. Humas Polda Papua)

Heru menjelaskan, pada pukul 05.30 WIT pihaknya mendapat laporan adanya penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia di depan Ruko Blok B Jalan Pasar Baru atau sekitar 200 meter dari Polres Yahukimo, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

"Korban mengalami luka tusukan di sekujur tubuh pada sisi tangan kanan dan kiri, bagian belakang dan luka sobekan pada bagian belakang leher korban, yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Anggota masih melakukan penyelidikan dan melaksanakan olah TKP guna mengungkap kasus tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Polda Papua Barat Periksa 20 Anggota Brimob soal Bentrokan di Sorong

2. Tiga orang ditangkap

Anggota Polres Yahukimo Bripda Oktavianus Buara Tewas Dibunuh KKBIlustrasi borgol. (IDN Times)

Saat ini, Polres Yahukimo bersama Satgas Damai Cartenz melakukan penyisiran dan mengamankan tiga orang di sekitar lokasi. Ketiganya lalu dibawa ke Mapolres Yahukimo untuk dimintai keterangan dalam proses penyidikan.

“Atas kejadian itu, terdapat tiga orang sementara diamankan, yakni saudara UH (18), ARH (19) dan RW (21),” ujar Heru.

Baca Juga: Komnas HAM Kecam Segala Bentuk Kekerasan di Papua

3. TPNPB-OPM mengakui membunuh Bripda Oktovianus Buara

Anggota Polres Yahukimo Bripda Oktavianus Buara Tewas Dibunuh KKBJubir Sebby Sambom didampingi Kepala Staf Umum Komnas TPNPB-OPM, Mayor Terianus Satto. (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengakui telah membunuh Bripda Oktovianus Buara. Juru Bicara TPNPB-OPM mengatakan, pembunuhan itu dilakukan oleh Panglima TPNPB Wilayah XVI Yahukimo Brigadier Elkius Kobak dan pasukan.

“Panglima Elkius Kobak Dan pasukannya mengatakan bahwa mereka bertanggungjawab atas pembunuhan  Oktavianus Buara, anggota kepolisian yang bertugas di Dekai, Yahukimo pada Selasa, 16 April 2024 pukul 03:20 Waktu Papua,” ujar Sebby kepada IDN Times.

Ia menjelaskan, pembunuhan itu terjadi ketika pasukan Elkius Kobak melakukan pemantauan pergerakan TNI-Polri di daerah Yahukimo.

“Patroli malam yang dilakukan oleh TPNPB terpantau dengan jelas bahwa Oktavianus Rebuara sedang dalam keadaan mabuk berat setelah mengkomsumi minuman beralkohol yang dijual oleh kaum imigran Indonesia di Kabupaten Yahukimo, Papua,” kata Sebby.

“Sebelum dibunuh pasukan TPNPB telah meminta kepada korban untuk pulang ke rumah. Namun, korban mengatakan bahwa ‘saya polisi ko mau apa?’, atas tangkapan tersebut pasukan TPNPB yang melakukan patroli langsung melakukan penikaman terhadap Oktaviansu dan akhirnya korban meninggal dunia di tempat,” imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya