Balihonya Tutupi Milik Politikus Gerindra, Ganjar: Copot Saja, Bakar!

Politisi Gerindra protes balihonya di Cilacap ditimpa

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, mengingatkan para relawan pendukungnya untuk tidak memasang baliho sembarangan. Hal ini menyusul adanya laporan terkait baliho Ganjar tutupi baliho politikus Partai Gerindra di Cilacap.

Dengan tegas, ia pun mengaku rela balihonya untuk dicopot, dibuang, dan dibakar.

"Ada sahabat saya anggota DPR RI dari Gerindra balihonya ditutup sama baliho saya. Direkam seseorang, diberikan ke saya, 'Gimana Mas Ganjar, kadernya seperti itu?', 'Oke Mbak copot baliho saya, buang jauh-jauh, Anda bakar pun saya ikhlas'," kata Ganjar di Senayan, Rabu (19/7/2023).

Baca Juga: Baliho Ganjar di Barito Utara Dicopot Dandim, Ini Penjelasan TNI

1. Ganjar juga komentari soal pencopotan baliho di markas TNI

Balihonya Tutupi Milik Politikus Gerindra, Ganjar: Copot Saja, Bakar!Ganjar Pranowo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain kejadian di Cilacap, Ganjar juga menyoroti peristiwa pencopotan balihonya di lahan Makodim 1013 Mtw, Kalimantan Tengah. Dia menyebut hal itu memang murni kesalahan dari relawan yang tidak memperhatikan area netral.

"Saya kemarin ditanya, 'Pak Ganjar bagaimana dengan baliho dicopot tentara?'. Tidak boleh marah, tidak boleh tersinggung, kalau itu tidak benar, awur awuran, silahkan dicopot," kata Ganjar.

Baca Juga: PDIP Buka Suara soal Baliho Prabowo Bareng Jokowi

2. Ganjar mengimbau relawan agar memiliki pedoman pemasangan baliho yang benar

Balihonya Tutupi Milik Politikus Gerindra, Ganjar: Copot Saja, Bakar!Ganjar Pranowo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Menyikapi kasus baliho di beberapa wilayah, Ganjar mengimbau para relawannya untuk membuat pedoman atau aturan dalam memasang baliho. Ia ingin memastikan baliho terpasang di tempat yang benar.

“Mohon izin senior-senior untuk kita buatkan guideline kepada kawan-kawan agar kemudian kalau memasang (baliho) dipastikan benar,” ujarnya.

3. Panglima TNI singgung netralitas terkait pencopotan baliho

Balihonya Tutupi Milik Politikus Gerindra, Ganjar: Copot Saja, Bakar!Relawan pendukung Ganjar Pranowo di Gedung Serbaguna Senayan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan, pihaknya menurunkan baliho Ganjar lantaran terpasang di tempat yang tidak seharusnya. Sebab, wilayah pemasangan baliho Ganjar merupakan area netral.

Prajurit TNI diperintahkan untuk tidak memberi fasilitas tempat atau sarana dan prasarana milik TNI kepada pasangan calon dan partai politik untuk digunakan sebagai sarana kampanye.

"Izinnya awalnya tidak dipasang di situ, ternyata dipasang di situ, kita sampaikan kepada yang bersangkutan kok dipasang di situ, kan sudah jelas tentang netralitas TNI. Saya sudah tanya langsung Dandim, kejadiannya seperti itu," katanya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Panglima Tegaskan Penurunan Baliho Ganjar di Kalteng Sesuai Aturan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya