Bareskrim Sebut Panji Gumilang Al Zaytun Tak Punya Bekingan

Bareskrim juga bantah penyelidikan Al Zaytun lambat

Jakarta, IDN Times - Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri membantah ada keterlibatan pejabat atau eks pejabat sebagai sosok pelindung atau bekingan Pondok Pesantren Al Zaytun pimpinan Panji Gumilang.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandani menegaskan tak ada yang melindungi Ponpes Al Zaytun.

“Enggak ada (bekingan), itu siapa, sementara enggak ada,” kata Djuhandani saat dikonfirmasi, Rabu (5/7/2023).

1. Bareskrim bantah penyelidikan berjalan lambat karena sosok bekingan

Bareskrim Sebut Panji Gumilang Al Zaytun Tak Punya BekinganPimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang (tengah) berjalan saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Djuhandani juga membantah penyidikan terhadap Panji berjalan lambat karena diduga adanya sosok bekingan. Ia memastikan kasus Al Zaytun diproses sama seperti kasus lainnya yang ditangani Polri.

“Enggak mungkin (lambat karena ada bekingan), dalam kasus-kasus lainnya juga seperti itu kok, saya banyak mengalami penyidikan semacam ini prosesnya sama, mulai dari penyelidikan, penyidikan,” kata dia.

Baca Juga: Soal Tersangka Kisruh Ponpes Al-Zaytun, Mahfud: Tinggal Tunggu Waktu

2. Moeldoko bantah bekingi Al Zaytun

Bareskrim Sebut Panji Gumilang Al Zaytun Tak Punya BekinganKepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, membantah rumor yang menyebut dirinya menjadi beking Pondok Pesantren Al Zaytun, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Memang gue preman, kok jadi bekingan? Enak saja," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/6/2023).

"Itu yang ngomong suruh sekolah dulu lah itu, biar pinter dikit gitu," sambungnya.

3. Moeldoko pernah ceramah kebangsaan di Al Zaytun

Bareskrim Sebut Panji Gumilang Al Zaytun Tak Punya BekinganPimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang (tengah) berjalan saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Moeldoko mengaku pernah menjadi penceramah kebangsaan di Pesantren Al Zaytun. Dia mengatakan, sebagai KSP harus bisa berkomunikasi dengan siapapun.

"Jadi jangan terus diartikan macam-macam dan semakin saya bisa dekat dengan apa, Pak Panji Gumilang (pimpinan Al Zaytun), kan saya bisa melihat apa yang dia akan terjadi," ujar dia. 

Dalam kesempatan itu, Moeldoko menyebut nilai-nilai kebangsaan di Pesantren Al Zaytun diterapkan. Oleh karena itu, dia tidak menaruh curiga bila Pesantren Al Zaytun dicurigai menyimpang.

"Ya lingkungannya berjalan seperti biasa ya. Karena saya sering masuk ke pesantren-pesantren, ya seperti itu. Hanya yang saya lihat persoalan-persoalan kebangsaannya itu kental ya di sana," kata dia.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut PPATK Telusuri 256 Rekening Terkait Panji Gumilang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya