Begini Penampilan Jokowi dan Prabowo di Panggung Debat Capres Keempat

Debat capres keempat digelar Sabtu (30/3) malam

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko “Jokowi” Widodo akan bertarung dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, dalam debat capres ke-4 Pilpres 2019, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3), pukul 20.00 WIB.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin memastikan, jagoan mereka akan tampil di panggung debat sebagai sosok presiden.

“Malam ini ia akan tampil sebagai presiden,” kata tim influencer TKN, Roosdinal Salim, dalam diskusi Trijaya FM, di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu.

Baca Juga: Ini Alasan di Balik Ajakan Jokowi Mengenakan Baju Putih ke TPS

1. TKN: Jokowi sampaikan data dan fakta

Begini Penampilan Jokowi dan Prabowo di Panggung Debat Capres KeempatIDN Times/Irfan fathurohman

Saat ditanya soal manuver Jokowi di debat, Roosdinal menjawab, Jokowi bisa menyerang atau bertahan tergantung dari panelis debat.

“Jokowi kalau dibilang tergantung panelis. Dia kan menyampaikan fakta data yang pernah dilakukan. Dia kan bisa bicara sebagai presiden, bisa sebagai capres,” ucapnya.

Dalam debat capres keempat Sabtu malam, KPU telah menunjuk sembilan panelis yang merancang pertanyaan, di antaranya Prof DR Zakiyuddin, M.Ag (Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga), Dr J Haryatmoko SJ (akademisi/pengajar Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Dr Erwan Agus Purwanto M Si (Dekan Fisip Universitas Gadjah Mada), dan Dr Valina Singka Subekti M Si (akademisi/pengajar Departemen Ilmu Politik FISIP UI).

2. Tema debat ke-4, TKN: Jokowi banget

Begini Penampilan Jokowi dan Prabowo di Panggung Debat Capres KeempatIDN Times/Irfan fathurohman

Debat capres ke-4 Pilpres 2019 mengusung tema: Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional. Debat akan dipandu oleh moderator Zulfikar Naghi dan Retno Pinasti.

TKN optimistis Jokowi mampu menjawab semua pertanyaan dengan data dan fakta selama satu periode menjabat. 

"Jokowi banget," ucap Roosdinal soal tema debat capres ke-4.

2. BPN: Prabowo tampil kalem

Begini Penampilan Jokowi dan Prabowo di Panggung Debat Capres KeempatIDN Times/Irfan fathurohman

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Mardani Ali Sera menyebut, jagoannya Prabowo Subianto akan tetap tampil kalem di debat ke-4 nanti. Menurut Mardani, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, masyarakat senang dengan penampilan kalem Prabowo.

“Survei Litbang Kompas, Prabowo sebentar lagi menang. Gaya Prabowo yang tidak menyerang dan sedikit jenaka membuktikan masyarakat cukup seneng,” kata Mardani di lokasi yang sama.

4. BPN kritik pemerintahan Jokowi yang dianggap jalan di tempat

Begini Penampilan Jokowi dan Prabowo di Panggung Debat Capres KeempatIDN Times/Irfan fathurohman

Menanggapi pernyataan TKN soal data dan capaian Jokowi pada isu debat ke-4, Mardani justru menyebut pemerintahan Jokowi “jalan di tempat”.

“Dua puluh satu tahun kita reformasi, hampir seperti jalan di tempat, yang lebih berat lagi pendapatan per kapita kita hampir sama dengan tahun 86, padahal negeri lain bergerak lebih cepat, Myanmar, Kamboja luar biasa,” ujar Mardani.

Baca Juga: Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Rp191,5 Miliar, Terbanyak dari Sandiaga

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya