Comscore Tracker

DPR RI: Belum Ada Rencana Normalisasi Diplomatik Indonesia-Israel

DPR RI minta Israel mengakui hak teritorial Palestina

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin memastikan, sampai saat ini belum ada pembicaraan dengan pemerintah tentang normalisasi hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel.

Ia menyebut, pemerintah Indonesia masih berkomitemen terhadap penegakan hukum atas kedaulatan Palestina.

“Saya belum dengar tentang wacana tersebut. Yang pasti pemerintah Indonesia dan juga rakyat Indonesia sepenuhnya mendukung kedaulatan dan hak-hak Palestina,” kata Azis Syamsuddin lewat keterangan tertulisnya, Selasa (15/12/2020).

1. DPR pastikan Indonesia tidak memiliki masalah dengan Israel

DPR RI: Belum Ada Rencana Normalisasi Diplomatik Indonesia-IsraelPrajurit Israel dan bendera Pejuang Hezbollah di Perbatasan Israel-Lebanon. twitter.com/EnAlwsl

Sebelumnya, beredar pemberitaan di berbagai media Internasional terkait klaim Israel, yang menyebut Indonesia akan segera melakukan normalisasi hubungan dengan mereka sebelum masa jabatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berakhir.

“Indonesia tak memiliki masalah dengan negara manapun, termasuk dengan Israel. Yang kita perjuangkan justru hak masyarakat Palestina, sehingga bisa hidup sebagai negara berdaulat sepenuhnya, inilah yang kita harapkan dari Israel. Dan tidak ada relevansi apapun terkait deadline masa jabatan Presiden Amerika,” kata Azis.

Baca Juga: Kemenlu: Tidak Ada Lobi-lobi Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

2. Belum ada rencana normalisasi hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel

DPR RI: Belum Ada Rencana Normalisasi Diplomatik Indonesia-Israel(Ilustrasi) ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa

Menyikapi adanya potensi membuka hubungan diplomatik antar kedua negara, Azis mengatakan, hal tersebut tergantung rencana strategis pemerintah melalui Kementerian Luar Negri.

“Sementara ini saya belum mendengar rencana tersebut dari pemerintah, sehingga justru saya mempertanyaan dasar klaim tersebut. Dan saya yakini bahwa pemerintah Indonesia sepenuh berdiri bersama rakyat Palestina” ujar Politisi Golkar ini.

3. DPR RI minta Israel mengakui hak teritorial Palestina

DPR RI: Belum Ada Rencana Normalisasi Diplomatik Indonesia-IsraelANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem

Wakil Ketua DPR bidang Korpolkam ini mengharapkan Israel dapat segera menyelesaikan persoalan dengan Palestina, yakni mengakui hak teritorial Palestina sebagai negara berdaulat. Ia berpendapat, normalisasi bisa terbangun jika ada rasa percaya antara kedua negara.

“Dalam membangun normalisasi kan butuh saling percaya, saling menghormati dan memiliki visi yang sama. Jika persoalan Palestina bisa tuntas, maka tentu normalisasi akan sangat mudah. Jika belum, normalisasi akan tidak akan ada maknanya. Semoga persoalan Palestina bisa segera tuntas” tukas Azis Syamsuddin.

Baca Juga: Indonesia-Israel Mau Berkongsi, Apa Untungnya?

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya