Evakuasi 2 Jenazah Teroris MIT Poso, TNI Terkendala Jurang 50 Meter

TNI berusaha angkat 2 jasad teroris menggunakan Heli Caracal

Jakarta, IDN Times - Memasuki hari ketiga proses evakuasi dua jenazah teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso masih terkendala untuk bisa dibawa keluar dari lokasi Pegunungan Tokasa, Desa Tanalanto, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah.

Wadansatgassus Koopsgabsus Tricakti Letkol Inf Romel Wardhana memimpin langsung proses evakuasi dengan menggunakan alat angkut udara Helikopter Caracal TNI AU dan melihat langsung pengangkatan dua jenazah dari jurang pada kedalaman lebih dari 50 meter.

“Faktor alam bervariasi dengan lembah yang dikelilingi vegetasi  pohon rapat, lebatnya hutan dan lembah yang cukup terjal tertutup serta tebing sangat curam di sepanjang rute evakuasi turut menghambat proses evakuasi,” kata Pilot Letkol PNB Imanuel Simarmata lewat keterangan tertulisnya, Selasa (13/7/2021).

1. Jasad Rukli dan Ahmad Panjang masih dalam upaya evakuasi

Evakuasi 2 Jenazah Teroris MIT Poso, TNI Terkendala Jurang 50 MeterTNI Evakuasi Dua Jenazah Teroris Poso Dengan Heli Caracal. (dok. TNI)

Dua jenazah teroris itu merupakan Rukli dan Ahmad Panjang. Keduanya ditembak mati oleh Prajurit TNI Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabsus) Tricakti di Kamp Teroris MIT, Pegunungan Tokasa, pada Minggu (11/7/2021).

Menurut Imanuel, sempitnya medan serta lebatnya hutan semakin menyulitkan manuver Heli Caracal dapat mencari posisi aman untuk hover. Imanuel yang langsung menerbangkan Heli Caracal pagi ini menuju ke titik landing zone yang disiapkan.

Baca Juga: Satgas Madago Raya Tembak Mati 2 Anggota MIT Poso Pimpinan Ali Kalora 

2. Evakuasi dibantu warga sekitar pegunungan Tokasa

Evakuasi 2 Jenazah Teroris MIT Poso, TNI Terkendala Jurang 50 MeterKapolda Sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso didampingi Danrem 132 Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf, menunjuk DPO MIT Poso yang tewas di Pegunungan Andole, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada Senin (1/3/2021). IDN Times/Kristina Natalia

Sementara itu, Letkol Inf Romel Wardhana mengatakan, saat ini upaya dengan hoist crane dan basket stretcher masih terus berusaha menentukan titik final approach untuk mempercepat evakuasi. 

“Jajaran Koopsgabsus Tricakti bersama Prajurit TNI dan Polri di lokasi hingga Selasa pagi terus berupaya untuk mengevakuasi dua jenazah teroris MIT dari TKP, termasuk dibantu masyarakat yang tinggal di sekitar Pegunungan Tokasa, yang secara spontan sukarela untuk membantu proses evakuasi  jenazah,” jelas Romel. 

“Mudah-mudahan hari ini kedua jenazah tersebut dapat dievakuasi secara tuntas dan bisa segera diberangkatkan ke RS. Bhayangkara Polda Sulteng untuk proses identifikasi dan autopsi,” sambungnya.

3. Terjadi baku tembak antara Satgas Madago Raya dan MIT Poso

Evakuasi 2 Jenazah Teroris MIT Poso, TNI Terkendala Jurang 50 MeterPoster berisi daftar DPO anggota MIT di Poso (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Sebelumnya, Baku tembak kembali terjadi antara Satuan Tugas (Satgas) Madago Raya dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora. Dua orang dari kelompok MIT yang masuk daftar pencarian orang (DPO) itu tewas.

Kontak tembak terjadi di Pengunungan Batu Tiga, Dusun Enam Tokasa, Desa Tanalanto, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (11/7/2021).

“Pelaku lain melarikan diri dari upaya penyergapan,” kata Kasatgas Humas Operasi Madago Raya Kombes Pol Didik Supranoto dikutip dari ANTARA, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Polri: Teroris Asal Babel Agus Setianto Pasok Senjata ke MIT Poso

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya