Habib Bahar dan Eggi Sudjana Kembali Dipolisikan Terkait SARA

Video Habib Bahar sindir KASAD Dudung jadi sorotan

Jakarta, IDN Times - Habib Bahar bin Smith dan Eggi Sudjana kembali dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Keduanya dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian yang mengandung unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Berdasar surat yang beredar, laporan tersebut teregistrasi dengan Nomor: LP/B/6146/XII/2021/SPKT POLDA METRO JAYA. Laporan itu dilayangkan oleh seseorang pada tanggal 7 Desember 2021.

“Ya (ada laporan terhadap Bahar dan Eggi) terkait SARA,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, kepada IDN Times, Senin (20/12/2021).

1. Bahar dan Eggi disangkakan dengan UU ITE

Habib Bahar dan Eggi Sudjana Kembali Dipolisikan Terkait SARAIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam laporan tersebut, pelapor mempersangkakan Bahar dan Eggi dengan Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45A Ayat 2 dan atau Pasal 32 Ayat 1 Juncto Pasal 48 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 207 KUHP.

“Saat ini laporannya sudah diterima Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya,” ujar Zulpan.

Baca Juga: Habib Bahar Ancam Ulama, MUI: Jangan Bermain-main dengan Jiwa Manusia

2. Polda Metro masih mendalami laporan terhadap Bahar dan Eggi

Habib Bahar dan Eggi Sudjana Kembali Dipolisikan Terkait SARAKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Namun demikian, Zulpan belum menjelaskan secara merinci terkait peristiwa apa yang menyebabkan Bahar dan Eggi dilaporkan. Ia sebut penyidik masih mempelajari laporan yang diterima.

“Masih didalami (terkait peristiwanya),” ujarnya.

3. Video ceramah Bahar bin Smith viral di media sosial

Habib Bahar dan Eggi Sudjana Kembali Dipolisikan Terkait SARAIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, video ceramah Bahar bin Smith viral di media sosial. Ada beberapa potongan video Bahar yang viral di medsos, salah satunya terkait sindirannya kepada KSAD Jenderal Dudung Abdurachman terkait baliho dan bencana erupsi Semeru.

Ada pula, video Bahar Smith yang mengancam untuk menghabisi pengkhianat Habib Rizieq Shihab. Video tersebut direkam saat Bahar ceramah di Kranji, Jakarta Timur, dalam rangka Maulib Nabi Muhammad SAW pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Viral Ceramah Habib Bahar Ancam Habisi Ulama yang Khianati HRS

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya