Habib Bahar Ancam Ulama, MUI: Jangan Bermain-main dengan Jiwa Manusia

Habib Bahar mengancam habisi ulama yang tak bela HRS

Jakarta, IDN Times - Ceramah Habib Bahar bin Smith viral di media sosial, lantaran mengancam ulama yang tak membela Habib Rizieq Shihab (HRS) ketika dipenjara. Wakil Ketua Majelis Ulama (MUI), Anwar Abbas buka suara.

"Dari perspektif agama orang tidak boleh menghilangkan nyawa orang atas semaunya, kecuali dalam keadaan yang sudah ditentukan oleh Allah SWT," ujar Anwar, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Viral Ceramah Habib Bahar Ancam Habisi Ulama yang Khianati HRS

1. Menghilangkan nyawa tanpa sebab yang jelas, sama saja membunuh seluruh manusia di bumi

Habib Bahar Ancam Ulama, MUI: Jangan Bermain-main dengan Jiwa ManusiaWakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Anwar Abbas (FOTO ANTARA/Anom Prihantoro)

Anwar mengatakan, apabila seseorang membunuh manusia tanpa ada dasar syar'i, maka sama saja menghilangkan nyawa semua orang di bumi. Kemudian, dari perspektif hukum positif, seseorang dihukum mati diperbolehkan apabila dia terbukti melanggar hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Oleh karena itu kita jangan bermain-main dengan jiwa manusia. Hukumannya adalah sangat berat, karena masalah jiwa itu menyangkut masalah yang sangat-sangat penting untuk dihormati oleh siapapun," ucapnya.

Baca Juga: Video Bahar bin Smith yang Ancam Habisi Ulama Direkam Saat Maulid Nabi

2. Video Bahar bin Smith yang ancam habisi ulama direkam saat Maulid Nabi

Habib Bahar Ancam Ulama, MUI: Jangan Bermain-main dengan Jiwa ManusiaANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Sebelumnya, video ceramah Habib Bahar bin Smith yang mengancam untuk menghabisi para ulama karena tidak membela Habib Rizieq Shihab, yang kini mendekam di penjara, viral di media sosial. Pengacara Bahar, Ichwan Tuankotta mengatakan, video itu direkam pada Rabu malam, 24 November 2021.

"Itu di Kranji, Bekasi," ujar Ichwan saat dihubungi, Jumat (26/11/2021).

Ichwan mengatakan, Bahar saat itu diminta untuk mengisi ceramah di acara Maulid Nabi. Menurutnya, acara tersebut bersifat internal dan tidak diadakan tabligh akbar.

"Acara Maulid Nabi, tapi itu acara Maulid Nabi internal kita saja, para habaib, kiai, internal, jadi gak di luar, gak bikin tabligh, itu hanya di ruangan," ucapnya.

Bahar menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Bekasi setelah tiga hari bebas dari penjara. Menurut Ichwan, Bahar saat itu diundang oleh rekannya.

"Iya tiga hari setelah pulang menikmati kebebasan, Beliau diundang oleh salah satu kawan untuk memberikan tausiyah pada saat Maulid Nabi, dan tidak hanya Habib Bahar, Kiai Sobri juga hadir pada saat itu," ucapnya.

3. Isi ceramah Bahar bin Smith yang ancam ulama

Habib Bahar Ancam Ulama, MUI: Jangan Bermain-main dengan Jiwa ManusiaIDN Times/Galih Persiana

Dalam video itu, terlihat juga mantan Ketua Umum FPI Sabri Lubis yang duduk di sebelah Bahar.

"Saya sampaikan, ente orang, saya gak bahas pemerintah, ente orang para habib, para kiai, para ulama, siapapun ente, mau ente anaknya wali, mau ente anaknya ulama, ente mengkhianati Habib Rizieq, akan ana habisi satu-satu," ujar Bahar dalam video viral seperti dilihat, Jumat (26/11/2021).

Dia kemudian mempertanyakan kehadiran para ulama yang tak melakukan pembelaan saat Rizieq dipenjara. Isi ceramah Bahar disampaikan dengan nada tinggi.

"Ke mana dia orang, ente kalian semua yang undang Habib Rizieq, Beliau di Makkah lagi enak, Beliau di Makkah enak, tenang hidupnya, kalian yang undang Beliau datang ke Tanah Air, kalian ketika Beliau dipenjara ke mana kalian?"

Selain itu, dia menyinggung soal 6 laskar FPI yang meninggal dunia saat mengawal Rizieq Shihab.

Baca Juga: Bahar bin Smith: Jaksa Saya Baik, Tidak dengan Habib Rizieq

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya