Haris Azhar Absen Mediasi, Luhut Binsar: Ketemu di Pengadilan Saja

Luhut akan melanjutkan perkara sampai ke pengadilan

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk mediasi dengan Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidianti, Senin (15/11/2021). Namun, mediasi gagal lantaran Haris dan Fatia absen dari panggilan Polda Metro Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Luhut sebut proses mediasi sudah selesai dan ia tetap akan meneruskan perkara sampai ke pengadilan.

“Kalau proses (mediasi) ya sudah selesai. Saya pikir lebih bagus ketemu di pengadilan saja saya bilang,” ujar Luhut di Polda Metro Jaya, Senin (15/11/2021).

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Siap Hadiri Mediasi dengan Haris Azhar di Polda Metro

1. Haris Azhar dan Fatia absen mediasi

Haris Azhar Absen Mediasi, Luhut Binsar: Ketemu di Pengadilan SajaDirektur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar ketika berbicara di program siniar dengan Fatia Maulidiyanti (Tangkapan layar YouTube Haris Azhar)

Luhut menjelaskan seharusnya mediasi digelar pada minggu lalu, namun berhalangan hadir lantaran keperluan dinas. Sedangkan, mediasi hari ini merupkan permintaan Haris Azhar. 

“Kemudian diurus oleh Haris diminta hari ini. Ya saya datang hari ini tapi Haris tidak bisa datang. Ya sudah. Yang satu lagi juga gak datang,” ujar Luhut.

Baca Juga: Dituding Ambil Untung Bisnis PCR, Luhut Siap Diaudit

2. Luhut ingin Haris dan Fatia belajar tanggung jawab

Haris Azhar Absen Mediasi, Luhut Binsar: Ketemu di Pengadilan SajaMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Senin (15/11/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Luhut menegaskan proses mediasi telah selesai, setelah ini pihaknya akan melanjutkan perkara sampai ke pengadilan. Ia ingin Haris dan Fatia belajar tanggung jawab atas perkara yang diperbuat.

“Yang penting saya udah datang pada mediasi tapi saudara Haris tidak datang jadi yasudah. Sekali-kali belajar lah kita ini. Kalau berani berbuat berani tangung jawab,” kata Luhut.

Baca Juga: Haris Azhar Gagal Mediasi dengan Luhut Binsar Pandjaitan

3. Luhut pastikan gugatan pidana dan perdata berlanjut

Haris Azhar Absen Mediasi, Luhut Binsar: Ketemu di Pengadilan SajaMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Sementara itu, pengacara Luhut, Juniver Girsang menyesalkan ketidakhadiran Haris dan Fatia. Padahal, mediasi yang dijadwalkan hari ini adalah permintaan keduanya.

“Namun tidak ditepati, sementara klien kami seorang pejabat negara yang begitu sibuk menyempatkan waktu menghormati proses ini,” ujar Juniver dalam kesempatan yang sama.

Juniver mengatakan kliennya juga sudah menyampaikan kepada penyidik tentang rencananya meneruskan perkara ke pengadilan. Ia juga memastikan, gugatan perdata kepada Haris dan Fatia akan berlanjut.

“Nanti pengadilan yang menentukan siapa yang benar, siapa yg salah. Di pengadilan nanti dilihat apakah dokumen yang dikatakan oleh dari pihak terlapor bisa dipertanggungjawabkan, nanti pengadilan yang memutuskan,” sambungnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya