Jadwal Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Berubah Lagi, MPR Undang Prabowo-Sandi

Megawati dan SBY juga akan diundang

Jakarta, IDN Times - MPR RI akhirnya menyepakati pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024 Joko "Jokowi" Widodo-Ma’ruf Amin pada Minggu 20 Oktober 2019 pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, pelantikan dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 16.00 WIB pada hari yang sama.

“Karena car free day (CFD) berakhir jam 11 dan ibadah bisa selesai sekitar jam 12. Kita juga yang muslim bisa selesai zuhur, kemudian masih sempat juga asar, begitu pelantikan selesai. Jadi kami sepakat mengusulkan jam 2,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat rapat pimpinan MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10).

1. Prabowo-Sandiaga akan diundang

Jadwal Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Berubah Lagi, MPR Undang Prabowo-SandiIDN Times/Irfan Fathurohman

MPR RI akan mengundang tokoh-tokoh negara, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, untuk menghadiri pelantikan. Keduanya merupakan pasangan capres-cawapres yang bersaing dengan Jokowi-Ma'ruf pada Pemilu 2019.

“Sebelum tanggal 20, kami juga akan mengunjungi dan mendatangi presiden, kandidat presiden, Pak Jokowi, Pak Maruf, Pak JK, Pak Prabowo, Pak Sandi, dan mantan presiden Ibu Mega dan Pak SBY,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu.

2. Ahmad Muzani akan membujuk Prabowo hadiri pelantikan

Jadwal Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Berubah Lagi, MPR Undang Prabowo-SandiIDN Times/Irfan Fathurochman

MPR RI segera menyebar undangan minggu ini kepada semua tokoh. Termasuk Prabowo melalui Sekjen Partai Gerindra sekaligus pimpinan MPR RI Ahmad Muzani.

“Semoga bisa diterima Ibu Mega minggu ini, dan Pak Syarief juga tadi katakan Pak SBY bisa menerima minggu ini. Pun Pak Prabowo diupayakan Pak Muzani untuk minggu ini,” ucap Bamsoet.

3. Muzani memastikan Prabowo akan menghadiri pelantikan

Jadwal Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Berubah Lagi, MPR Undang Prabowo-SandiANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sementara, Ahmad Muzani memastikan Prabowo akan menghadiri pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Berkaca dari pelantikan sebelumnya, kata dia, Prabowo juga hadir.

“Ya insyaallah (hadir), tapi kalau lihat tradisi ya Beliau kan dateng ya. Beliau kan orang yang apalagi sudah saya kira, tapi saya akan laporkan semua kepada Beliau hasil rapat ini,” ujar Muzani, setelah rapat.

Baca Juga: Pelantikan Jokowi Mundur, Kenapa?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya