Jelang Pergantian Tahun Kapolri Naikkan Pangkat 22 Pati dan 211 Kombes

Ahmad Ramadhan resmi Irjen, Trunoyudo naik Brigjen

Jakarta, IDN Times - Menjelang akhir tahun 2023, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar upacara kenaikan pangkat atau Korps Raport pada Sabtu (30/12/2024). Diketahui ada 22 perwira tinggi (Pati) dan 211 perwira menengah (Pamen) berpangkat Kombes.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengatakan, kenaikan pangkat para pati dan pamen yang mendapatkan promosi jabatan tersebut tertuang dalam surat telegram Nomor: ST/2864/XXI/KEP/2023, ST/2865/XII/KEP/2023 dan ST/2866/XII/KEP/2023.

"Bapak Kapolri siang tadi memimpin upacara kenaikan pangkat atau Korps Raport 22 Pati, lima Brigjen menjadi Irjen dan 17 Kombes naik menjadi Brigjen," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Ketua KPK Pengganti Firli Bahuri sedang Diproses

1. Kapolri juga naikkan pangkat 211 personel AKBP menjadi Kombes

Jelang Pergantian Tahun Kapolri Naikkan Pangkat 22 Pati dan 211 KombesKapolri pimpin upacara Korps Raport kenaikan pangkat 22 Pati dam 211 Kombes (Dok. Humas Polri)

Sementara itu, untuk Korps Raport dari AKBP menjadi Kombes ada sebanyak 211 personel. Upacara itu dilakukan di satuan wilayahnya masing-masing.

Kenaikan pangkat para Pati dan Pamen berdasarkan Keputusan Presiden Nomor:123/Polri/THN 2023 tanggal 29 Desember 2023 tentang Kenaikan Pangkat Golongan Pati dan Keputusan Presiden Nomor 120 dan 121/Polri/2023 tentang Kenaikan Pangkat ke Kombes.

"Sementara untuk Pamen dari AKBP ke Kombes upacara Korps Raport dilakukan di satuan wilayah masing-masing," ujar Ramadhan.

Baca Juga: Polri Larang Penggunaan Petasan di Malam Tahun Baru: Harus Ada Izin

2. Kapolri tunjuk Brigjen Ahmad Ramadhan jadi Wakapolda Lampung

Jelang Pergantian Tahun Kapolri Naikkan Pangkat 22 Pati dan 211 KombesKaropenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Salah satu yang menjalani Korps Raport adalah Brigjen Ahmad Ramadhan dari Karo Penmas Humas Polri menjadi Wakapolda Lampung. Listyo kemudian menunjuk Kombes Trunoyudo untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Ramadhan.

Selanjutnya Kapolri juga turut merotasi Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Sementara posisi Kapolres Metro Jakarta Selatan kini diisi oleh Kombes Ade Rahmat Idnal yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Bidang Madya Pidum Bareskrim Polri.

Baca Juga: Rilis Akhir Tahun Polri: Angka Kejahatan 2023 Naik 4,3 Persen

3. Kapolri mutasi Irjen Setyo Budiyanto dari Kapolda Sulawesi Utara

Jelang Pergantian Tahun Kapolri Naikkan Pangkat 22 Pati dan 211 KombesKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain itu, Listyo juga turut memutasi Irjen Setyo Budiyanto dari Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) menjadi Pati Itwasum Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktur.

Posisi Setyo kemudian digantikan oleh Irjen Yudhiawan Wibisono yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial dan Politik. Listyo kemudian menunjuk Brigjen Hadi Gunawan untuk mengisi posisi Yudhiawan sebelumnya.

Terakhir, Listyo turut merotasi Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Risyapudin Nursin dalam rangka persiapan luar struktur. Posisi Risyapudin kemudian digantikan oleh Irjen Eddy Sumitro Tambunan.

Baca Juga: Polri Sita Barang Bukti 13,6 Ton Ganja dan Sabu Selama 2023

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya