Jika Tol Arus Balik Lebaran Padat, Polri Bakal Buka Jalur Arteri

Kepadatan arus balik bisa terurai dengan kebijakan WFH

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya melalui Korlantas Polri bakal membuka jalur arteri jika tol arus balik Lebaran 2024 terjadi kepadatan.

Hal itu ia sampaikan saat meninjau pelaksanaan arus balik di KM 70 Tol Cikampek bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (15/4/2024).

“Apabila jalur tol tetap penuh maka kami mempersiapkan jalur arteri untuk menjadi alternatif di titik-titik tertentu. Nanti akan kita buka memberikan ruang apabila nanti terjadi kepadatan dan kemudian lalu lintas tidak bisa bergerak atau stuck, maka kita akan buka untuk masuk jalur arteri untuk beberapa waktu,” kata Kapolri.

1. Kapolri sebut kepadatan arus balik bisa terurai dengan adanya kebijakan WFH

Jika Tol Arus Balik Lebaran Padat, Polri Bakal Buka Jalur ArteriKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka pelaksanaan Rapim Polri di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024). (dok. Humas Polri)

Mantan Kabareskrim Polri itu menyampaikan, berdasarkan hasil laporan yang ia terima sampai hari ini, meskipun jumlah yang mudik dan balik jauh lebih tinggi, namun semuanya bisa dikelola dengan baik.

"Dilaporkan Jasa Marga bahwa hari ini, h+2 dan h+3 dari sisi pengelolaan yang ada, jumlah yang balik termonitor bisa terurai dengan adanya keputusan WFH," ujar Sigit.

Baca Juga: H+3 Lebaran, 1,27 Juta Penumpang Angkutan Umum Balik dari Mudik

2. Kapolri imbau pemudik memanfaatkan kebijakan WFH

Jika Tol Arus Balik Lebaran Padat, Polri Bakal Buka Jalur ArteriKapolri Jendral Pol Listyo Sigit meninjau Pelabuhan Merak (dok. Humas Polri)

Kapolri mengatakan, diprediksi malam nanti akan terjadi puncak arus balik. Ia pun mengimbau para pemudik untuk memanfaatkan kebijakan WFH dua hari pada 16 dan 17 April serta diskon tarif tol yang diberikan.

"Mudah-mudahan apabila tidak harus malam ini, bisa memilih hari berikutnya di dua hari yang telah diberikan. Ini membantu untuk mengurai kepadatan," beber Sigit.

3. Kapolri sebut terjadi peningkatan arus mudik di Bakauheni menuju Merak

Jika Tol Arus Balik Lebaran Padat, Polri Bakal Buka Jalur ArteriKapolri Jendral Pol Listyo Sigit meninjau Pelabuhan Merak (dok. Humas Polri)

Untuk jalur arus balik di penyeberangan Bakauheni menuju Merak, Sigit menuturkan, pihak ASDP juga telah siap memberikan pelayanan dan strategi agar tak terjadi kepadatan.

"Arus balik melalui jalur Bakauheni ke Merak ini sudah ada peningkatan. Harapan kita semuanya bisa terlayani dengan baik," kata Sigit.

Baca Juga: Minggu Puncak Arus Balik, 100 Ribu Lebih Kendaraan Keluar dari DIY

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya