Kasus Pelanggaran PPKM di Holywings Naik ke Penyidikan

Polisi belum menetapkan tersangka pelanggaran PPKM

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pelanggaran PPKM di kafe Holywings Kemang, Jakarta Selatan, dari penyelidikan menjadi penyidikan. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan pihaknya telah memeriksa lima orang saksi dalam kasus tersebut.

Pelanggaran PPKM di Holywings Kemang yakni menimbulkan kerumunan dan melanggar protokol kesehatan.

“Kita lakukan penyelidikan kemarin, sudah kita klarifikasi. Sekarang sudah tingkat penyidikan, ada lima orang yang sudah kita lakukan pemeriksaan,” ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (7/9/2021).

1. Pihak manajemen Holywings Kemang diperiksa

Kasus Pelanggaran PPKM di Holywings Naik ke PenyidikanSatpol PP DKI Jakarta tutup sementara Holywings Kemang setelah melanggar protokol kesehatan. (twitter.com/SatpolPP_DKI)

Yusri menjelaskan empat dari lima orang saksi yang diperiksa merupakan pihak manajemen Holywings Kemang. Sementara, satu orang lainnya merupakan masyarakat. 

“Ini masih berproses, mudah-mudahan cepat kita selesaikan untuk kita kirim berkasnya ke JPU,” ujar Yusri.

Baca Juga: Holywings Kemang Kena Razia, Ternyata Sudah Berulang Kali

2. Polisi belum menetapkan tersangka pelanggaran PPKM

Kasus Pelanggaran PPKM di Holywings Naik ke PenyidikanSatpol PP DKI Jakarta tutup sementara Holywings Kemang setelah melanggar protokol kesehatan. (twitter.com/SatpolPP_DKI)

Meski sudah naik ke penyidikan, Yusri mengatakan pihaknya belum menetapkan tersangka dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan di Holywings Kemang.

Namun, ia menjelaskan, jika nantinya ada tersangka maka akan diancam UU nomor 4 Tahun 84 tentang Wabah Penyakit Menular.

“Belum (ada tersangka) masih kita periksa sebagai saksi dulu, sabar,” ujar Yusri.

3. Video razia Holywings Kemang viral di media sosial

Kasus Pelanggaran PPKM di Holywings Naik ke PenyidikanKerumunan di Holywings, Jakarta Selatan, dibubarkan aparat (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, tempat hiburan malam Holywings Kemang mendadak viral setelah video razia protokol kesehatan beredar di media sosial. Dari video yang beredar, tampak aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP membubarkan kerumunan pengunjung.

Saat aparat membubarkan kerumunan di Holywings, sebagian pengunjung tampak berdesakan dan berusaha keluar dari lokasi. Terdengar suara perekam video yang diperkirakan merupakan petugas kecewa dengan padatnya pengunjung Holywings.

"Holywings Kemang ini. Kapan selesai (COVID-19 di) negeri ini?” ucap perekam video.

"Anak mudanya gak mau kerja sama. Tidak ada anak mudanya yang mau kerja sama menghapus COVID. Lihatlah anak mudanya ini," dia menambahkan.

Lalu terdengar suara petugas yang berteriak 'pulang' kepada pengunjung Holywings.

Baca Juga: [BREAKING] Luhut Singgung Kerumunan Holywings: Penurunan Kasus Bukan Euforia!

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya