Ketua KPK Firli Bahuri Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Dugaan Pemerasan

Firli diperiksa sejak pukul 10.00 hingga 13.45 WIB

Jakarta, IDN Times - Penyidik gabungan dari Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri. Firli dicecar 15 pertanyaan oleh penyidik.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Safri Simanjuntak mengatakan, 15 pertanyaan itu terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Setidaknya ada 15 pertanyaan yang diajukan kepada FB selaku ketua KPK RI dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk dimintai keterangan tambahnnya pada hari ini,” kata Ade di Bareskrim Polri, Kamis (16/11/2023).

Ade menjelaskan, pemeriksaan dilakukan di ruang Dittipidkor, lantai enam Bareskrim Polri, mulai pukul 10.00 sampai 13.45 WIB.

“Untuk tiga orang saksi lainnya yang juga diperiksa pada hari ini dimulai pukul 10.00 terhadap tiga pegawai KPK RI lainnya saat ini pemeriksaan masih berlangsung,” ujar dia.

Dalam kasus ini, penyidik telah memeriksa 91 saksi dan delapan ahli.

“Empat orang ahli hukum pidana, satu orang ahli hukum acara, satu orang ahli atau pakar mikroekspresi kemudian satu orang ahli digital forensik dan yang terakhir adalah satu orang ahli bidang multimedia,” imbuhnya.

Baca Juga: Firli Bahuri Hindari Media Jelang Pemeriksaan di Bareskrim

Baca Juga: Hindari Jurnalis, Firli Ngumpet di Mobil Tutupi Wajah Pakai Tas

Baca Juga: Polisi Sita Dokumen LHKPN Firli Terkait Kasus Pemerasan Syahrul Yasin

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya