Khilafatul Muslimin Lampung Simpan Uang Rp2,3 Miliar di Brankas Besi

Temuan saat penangkapan 2 tersangka di Lampung

Jakarta, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menemukan barang bukti berupa uang Rp2,3 miliar yang disimpan di brankas yang ada di kantor pusat Khilafatul Muslimin, Lampung, Sabtu (11/6/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, pihaknya juga menemukan buku tabungan rekening penampung dana.

“Ditemukan beberapa barang bukti di antaranya brankas besi sebanyak empat unit, berisi uang tunai lebih dari Rp2,3 miliar,” ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Minggu (12/6/2022).

1. Polda Metro tangkap empat tersangka

Khilafatul Muslimin Lampung Simpan Uang Rp2,3 Miliar di Brankas BesiIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Penyidik juga menangkap empat petinggi Khilafatul Muslimin di Lampung, Medan, dan Bekasi pada Sabtu (11/6/2022). Zulpan mengatakan, keempat tersangka memiliki peran penting di Khilafatul Muslimin.

Empat tersangka yang ditangkap berinisial AA, IN, F, dan SW. Mereka ditangkap berdasarkan pengembangan penyidikan setelah penangkapan pimpinan tertinggi organisasi tersebut, Abdul Qodir Baraja di Lampung pada Selasa (7/6/2022).

AA ditangkap di Lampung dan berperan sebagai sekretaris Khilafatul Muslimin yang menjalankan operasional dan keuangan organisasi. Lalu IN yang juga ditangkap di Lampung dan berperan menyebarkan doktrin melalui sistem pendidikan dan pelatihan yang dilakukan Khilafatul Muslimin.

“Kemudian F ditangkap di Kota Medan sebagai penanggung jawab dan pengumpul dana Khilafatul Muslimin serta yang ditangkap di Kota Bekasi inisialnya SW, perannya pengurus dan pendiri bersama pimpinan petinggi mereka,” ujar Zulpan.

Baca Juga: Dua Petinggi Khilafatul Muslimin Ditangkap di Medan dan Bekasi

Baca Juga: Polisi Tangkap Sekretaris Khilafatul Muslimin bersama Uang Rp2,3 M

2. Polisi juga menemukan atribut hingga buku terkait Khilafatul Muslimin

Khilafatul Muslimin Lampung Simpan Uang Rp2,3 Miliar di Brankas BesiPolisi tangkap empat pimpinan Khilafatul Muslimin di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Lampung. (dok. Humas Polri)

Zulpan menjelaskan, selain melakukan penangkapan, pihaknya juga menggeledah dan berhasil mengamankan barang bukti. Di antaranya, selebaran maklumat, buku, dan dokumen lainnya terkait paham Khilafatul Muslimin.

"Beberapa atribut ormas Khilafatul Muslimin, dokumen, komputer yang sekarang sudah dibawa oleh tim. Tentu akan dilakukan pemeriksaan oleh tim terkait unit komputer tersebut,” kata Zulpan.

3. Pengikut Khilafatul Muslimin miliki data induk se-Indonesia

Khilafatul Muslimin Lampung Simpan Uang Rp2,3 Miliar di Brankas BesiAnggota Khilafatul Muslimin Surabaya penuhi panggilan Ditreskrimum Polda Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Selain itu, polisi juga menemukan data induk para pengikut Khilafatul Muslimin se-Indonesia.

“Kami temukan di situ data induk warga Khilafatul Muslimin se-Indonesia yang sampai sore ini kami temukan berjumlah puluhan ribu,” kata Zulpan.

Zulpan mengatakan, anggota Khilafatul Muslimin memiliki nomor induk warga (NIW) pengganti kartu tanda penduduk (KTP) yang diterbitkan Pemerintah Indonesia.

“Ada temuan menarik, mereka juga sudah membuat nomor induk warga atau NIW yang digunakan Khilafatul Muslimin untuk menggantikan E-KTP yang diterbitkan pemerintah Indonesia,” ucap dia.

Baca Juga: Pengikut Khilafatul Muslimin Punya NIK Pengganti KTP

Baca Juga: Sumber Dana Khilafatul Muslimin Ternyata dari Kotak Amal Majelis

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya