Tepis Isu Perpecahan, BPN Beberkan Kronologi Sandiaga Usai Nyoblos

BPN bantah kisruh Prabowo dengan Sandiaga

Jakarta, IDN Times - Isu ketidaksamaan pendapat soal deklarasi kemenangan antara Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Sandiaga Uno berhembus usai pencoblosan. Isu tersebut semakin meruncing usai Sandiaga terlihat lemas ketika deklarasi kemenangan bersama Prabowo.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan capres-cawapres nomor urut 02 membantah ada selisih paham antara Prabowo dan Sandiaga. BPN menjelaskan, usai pencoblosan kesehatan Sandiaga memang menurun.

"Tanggal 17 April pukul 10.00 WIB, Bang Sandi pagi ada kegiatan sampai pencoblosan, dan setelah nyoblos ke media center dan orang-orang pada berdatangan. Di situ Bang Sandi main gitar dan mulai cegukan," kata juru bicara BPN, Andre Rosiade di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (22/4).

Baca Juga: BPN Sebut Tidak Perlu Rekonsiliasi Pasca-Pemilu 2019, Begini Alasannya

1. Sandiaga tetap temui relawan dengan kondisi cegukan

Tepis Isu Perpecahan, BPN Beberkan Kronologi Sandiaga Usai NyoblosIDN Times/Irfan fathurohman

Andre menyebut, meskipun cegukan Sandiaga tetap menemui relawan di Hotel Ambhara. Setelah itu, baru merapat ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Namun, cegukan Pak Sandi sekali (per) tujuh detik pas di Ambhara. Mulai pukul 03.00 WIB sore kondisi Bang Sandi drop banget dan minta disiapkan kamar di K4 (kediaman Prabowo)," ujar Andre.

2. Prabowo persilakan Sandiaga istirahat

Tepis Isu Perpecahan, BPN Beberkan Kronologi Sandiaga Usai NyoblosInstagram/@sandiuno

Prabowo, kata Andre, mempersilakan Sandiaga istirahat. Bahkan, capres nomor urut 02 itu menyarankan Sandiaga memeriksa kesehatannya ke rumah sakit.

"Habis salat Maghrib, Pak Prabowo bilang 'Pak Sandi ke RS saja'. Pukul 11.00 WIB malam, sebelum Pak Prabowo pulang ke Hambalang bilang lagi, 'Pak Sandi dibawa ke RS saja'. Pak Prabowo menemui Pak Sandi sebanyak 3 kali untuk menyarankan agar dibawa ke RS saja," papar Andre sambil menirukan pernyataan Prabowo.

3. Prabowo dan Sandiaga meninggalkan Kertanegara setelah deklarasi

Tepis Isu Perpecahan, BPN Beberkan Kronologi Sandiaga Usai NyoblosANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Pukul 23.00 WIB, Prabowo berangkat ke kediamannya di Hambalang, Jawa Barat. Sandiaga juga ikut meninggalkan Kertanegara.

"Tiba-tiba, cegukannya (Sandiaga) hilang, tapi berganti demam, menggigil dan sampai di rumah diperiksa dokter kepolisian. Dikasih obat perut sama demam, lalu disuruh istirahat total," terang Andre.

4. Kamis, Sandiaga minta izin ke Prabowo untuk absen

Tepis Isu Perpecahan, BPN Beberkan Kronologi Sandiaga Usai NyoblosIDN Times/Irfan fathurohman

Andre mengatakan, pada 18 April 2019, sehari setelah pencoblosan, Sandiaga meminta izin ke Prabowo karena tak bisa beraktivitas. Namun, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menjemputnya.

Pukul 01.00 WIB siang, sehari setelahnya (18 April 2019) Pak Sandi bilang ke Pak prabowo tidak bisa beraktivitas karena kondisi kesehatannya," tutur Andre.

"Tiba-tiba pukul 03.00 WIB sore, Pak Muzani datang ke rumah dan Pak Sandi sedang tidur. Namun tetap menemui Pak Muzani yang mau mengajak konferensi pers di K4. Pak Sandi bilang sudah izin sebelumnya ke Pak Prabowo," kata Andre.

5. Prabowo meminta Sandiaga hadir untuk deklarasi

Tepis Isu Perpecahan, BPN Beberkan Kronologi Sandiaga Usai NyoblosANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sandiaga lalu menelepon Prabowo. Melalui telepon, Prabowo meminta Sandiaga datang ke Kertanegara untuk jumpa pers mendeklarasikan kemenangan dan Sandiaga memenuhi permintaan tersebut.

"Namun Pak Sandi telepon, Pak Prabowo minta ke Bang Sandi datang. Dan dengan kondisi kliyengan, tapi langsung konpers," ucap Andre

Pada saat deklarasi kemenangan, Sandiaga memang lebih banyak diam dan wajahnya terlihat lemas. Menurut Andre, Sandiaga fokus membaca tulisan di kertas yang dipegang Prabowo saat deklarasi.

"Bang Sandi terlihat diam itu sedang baca surat yang dibacakan Pak Prabowo saat konpres," jelas dia.

6. Setelah deklarasi, Prabowo minta Sandiaga lekas pulang

Tepis Isu Perpecahan, BPN Beberkan Kronologi Sandiaga Usai NyoblosIDN Times/Arief Rahmat

Andre menuturkan, Prabowo juga meminta Sandiaga tak berlama-lama di Kertanegara. Prabowo meminta Sandiaga datang untuk menepis rumor perpecahan.

"Pak Prabowo minta Pak Sandi datang 15 menit saja agar rumor perpecahan itu bisa dibantah dan perpecahan itu tidak benar. Jadi kondisi Bang Sandi itu memang sedang sakit saat konpres bersama Pak Prabowo. Tapi beliau, meskipun diam, matanya membaca surat yang dibacakan Pak Prabowo," tutup politikus Gerindra itu.

Baca Juga: Cerita di Balik Deklarasi Kemenangan Prabowo Tanpa Sandiaga

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya