Lagi, Polisi Tangkap 5 Anggota Khilafatul Muslimin di Lampung 

Polisi juga mengamankan barang bukti sejumlah uang

Jakarta, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya terus melakukan penangkapan terkait kasus Khalifatul Muslimin. Terkini, lima anggota Khilafatul Muslimin ditangkap pada Sabtu (11/6/2022) pagi.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, kelimanya ditangkap di kantor pusat Khilafatul Muslimin di Jalan WR Supratman, Bumi Waras, Telukbetung Utara, Bandar Lampung.

“Telah diamankan lima orang dan disita beberapa barang bukti," kata Pandra kepada IDN Times, Minggu (12/6/2022).

1. Polisi amankan barang bukti sejumlah uang

Lagi, Polisi Tangkap 5 Anggota Khilafatul Muslimin di Lampung Penggeledahan Kantor Khilafatul Muslimin di Surabaya. dok. Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Jatim

Pandra menjelaskan, dalam penangkapan tersebut polisi turut mengamankan barang bukti sejumlah uang yang diduga dana operasional untuk organisasi Khilafatul Muslimin.

“Barang bukti termasuk uang Rupiah. Guna pendalaman terhadap kelima orang tersebut dengan barang bukti yang ada, maka selanjutnya menjadi kewenangan pihak penyidik Polda Metro,” ujar Pandra.

Baca Juga: Polisi Tangkap Dua Tokoh Khilafatul Muslimin dan Sita Uang Rp2 Miliar

Baca Juga: Ancaman Serius, Wamenag Buka Fakta Baru soal Khilafatul Muslimin

2. Polisi telah menetapkan 5 tersangka Khilafatul Muslimin

Lagi, Polisi Tangkap 5 Anggota Khilafatul Muslimin di Lampung Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, hingga saat ini polisi telah menetapkan lima orang tersangka dalam kasus Khilafatul Muslimin. Kelimanya juga telah ditahan untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Total sudah ada lima tersangka. Pertama dari Polda Jateng tiga tersangka, Polda Metro Jaya satu orang, dan Polda Jatim satu tersangka tadi malam sudah ditangkap," kata Dedi Prasetyo di Markas Brimob, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022).

3. Aksi Khilafatul Muslimin menunggu momentum

Lagi, Polisi Tangkap 5 Anggota Khilafatul Muslimin di Lampung Pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja. Foto: IDN Times/Istimewa

Dedi menjelaskan, aksi yang dilakukan kelompok itu dilakukan menunggu momentum. Pihaknya akan terus memantau pergerakan kelompok tersebut.

"Aksi yang dia lakukan menunggu momentum. Sepanjang tidak melakukan aksi dan membuat kegaduhan, tentunya masih dipantau. Tapi ketika sudah melakukan aksi dan gaduh seperti membagikan pamflet dan menyebarkan di media sosial, itu sudah mengganggu persatuan dan kesatuan NKRI," kata Dedi.

Baca Juga: Polisi Sita Uang Miliaran di Kantor Pusat Khilafatul Muslimin Lampung

Baca Juga: Lagi, Kini Petinggi Khilafatul Muslimin Cirebon Ikut Ditangkap Polisi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya