Malam Pergantian Tahun, Berlaku Car Free Night di Sudirman-Thamrin

Car Free Night berlaku sejak pukul 18.00 hingga 01.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal memberlakukan Car Free Night (CFN) di sepanjang ruas Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, pada malam pergantian tahun 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengungkapkan, rencana penutupan ruas jalan dimulai pada hari ini, Minggu 31 Desember 2023, sejak pukul 18.00 sampai Senin, 1 Januari 2024 pukul 01.00 WIB.

"Nanti mulai jam 6 sore sampai jam 1 rencananya, kendaraan sudah bersih dari Sudirman-Thamrin," ucap Latif Usman, Sabtu (30/12/2023).

Baca Juga: AirNav Sudah Layani 33 Ribu Penerbangan di Peridoe Nataru  

1. Daftar rekayasa lalin yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya

Malam Pergantian Tahun, Berlaku Car Free Night di Sudirman-ThamrinPersonel Polresta Bogor Kota dan Dishub Kota Bogor mengatur arus lalu lintas saat pemberlakuan kebijakan ganjil genap di Simpang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Berikut daftar rekayasa lalin yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalin dari Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan MH Thamrin ditutup;

2. Arus lalin dari Jalan Sabang menuju ke Tanah Abang dialihkan ke Tugu Tani;

3. Arus lalin dari Jalan Tanah Abang menuju Jalan Kebon Sirih/Tugu Tani ditutup;

4. Arus lalin dari Tanah Abang menuju ke Bundaran HI ditutup;

5. Arus lalin dari Jalan Imam Bonjol menuju ke arah Bundaran HI ditutup;

6. Arus lalin dari Jalan Galunggung yang menuju ke Jalan Jenderal Sudirman ditutup diluruskan ke Jalan KH. Mas Mansyur;

7. Arus lalin dari Jalan Dr. Satrio menuju ke Jalan Jenderal Sudirman ditutup baik dari arah timur maupun dari arah barat;

8. Arus lalin dari Jalan Benhil menuju Jalan Jenderal Sudirman ditutup;

9. Arus lalin yang dari Jalan Gatot subroto menuju Jalan Jenderal Sudirman ditutup;

10.arus lalin yang dari Jalan Asia afrika melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup;

11. Arus lalin yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Jenderal Sudirman ditutup dialihkan ke JalannHang Lekir;

12. Arus lalin yang dari Jalan Asia Afrika menuju ke Bundaran Senayan ditutup;

13. Arus lalin yang dari Jalan senopati menuju Bundaran Senayan/Sudirman ditutup.

2. Dishub melakukan rekayasa lalu lintas di 26 titik

Malam Pergantian Tahun, Berlaku Car Free Night di Sudirman-Thamrinilustrasi lalu lintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas berupa penutupan ruas jalan di 26 titik dan rute alternatif pengalihan arus lalu lintas, mulai Minggu (31/12/2023) pukul 19.00 hingga Senin (1/1/2024) pukul 01.00 WIB. 

“Kami menerapkan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas pada Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global. Kami imbau masyarakat dapat mematuhi aturan yang berlaku dan mengikuti arahan petugas di lokasi, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” kata Syafrin dalam keterangan tertulisnya.

3. Ada karnaval Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global

Malam Pergantian Tahun, Berlaku Car Free Night di Sudirman-ThamrinKarnaval Topeng Krakatau Festival 2023 di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Pengalihan lalu lintas disebabkan akan ada parade Jakarnaval yang bakal dimulai di titik awal pada pukul 21.30 WIB dan diperkirakan tiba di titik akhir pada pukul 23.00 WIB, dengan rute start dari Panggung Jakarnaval di Pintu Barat Daya Monas/Patung Kuda-Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman-berputar di Bundaran Patung Pemuda Membangun-kembali ke utara Jalan Jenderal Sudirman-finish di FX Sudirman melalui Jalan Pintu Satu Senayan.

“Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global mengusung konsep Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, mulai pukul 19.00-01.00 WIB, dikecualikan khusus untuk parade mobil hias Jakarnaval dan petugas pengatur lalu lintas,” ujar Syafrin.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya