Menhub: Ganjil Genap Berlaku Mulai Besok hingga 1 Mei 

Pemudik dari Jawa Tengah diimbau lakukan perjalanan hari ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, uji coba ganjil genap telah berakhir. Selanjutnya, kebijakan ganjil genap guna mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2022 itu akan diberlakukan mulai besok, Kamis (28/4/2022).

Budi menjelaskan, ganjil genap ini akan berlaku selama empat hari, hingga Minggu (1/5/2022).

“Hasil dari apa yang kami sampaikan kepada Presiden, (ganjil genap) itu akan kita berlakukan mulai 28 April, 29, 30 dan 1, jadi empat hari,” kata Budi di Stasiun Pasar Senen, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Kebijakan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan saat Libur Idul Fitri

1. Pemudik dari Jawa Tengah diimbau melakukan perjalanan hari ini

Menhub: Ganjil Genap Berlaku Mulai Besok hingga 1 Mei Ilustrasi kemacetan di tol (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Budi mengimbau kepada masyarakat Jawa Tengah yang akan mudik ke Jabodetabek agar melakukan perjalanan hari ini. Sebab, ganjil genap akan diberlakukan satu arah.

“Lakukan perjalanan hari ini karena besok yang satu arah. Satu arah dan ganjil genap, jadi lakukan hari ini karena ada pertanyaan bagaimana mereka-mereka yang dari Jateng? lakukan hari ini,” ujar Budi.

Baca Juga: Di Stasiun Pasar Senen, Menhub Imbau Pemudik Jangan Datang Kecepetan

2. Contra flow Jakarta-Cikampek mulai diberlakukan hari ini

Menhub: Ganjil Genap Berlaku Mulai Besok hingga 1 Mei ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sementara itu, arus lalu lintas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah dari Jakarta ke Cikampek cukup padat, sehingga petugas melakukan rekayasa lalu lintas contra flow (lawan arus) pada Rabu atau H-5 lebaran.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru menyampaikan, contra flow diterapkan dari KM 47 wilayah Karawang hingga Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

Rekayasa lalu lintas contra flow mulai diberlakukan sejak pukul 07.36 WIB, bertujuan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Baca Juga: Menhub: Tak Ada Penyekatan dan Putar Balik di Mudik Lebaran 2022

3. Ada 18 gardu tol dioperasikan

Menhub: Ganjil Genap Berlaku Mulai Besok hingga 1 Mei Ilustrasi tol (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Selain itu Jasa Marga juga telah mengoperasikan total 18 gardu tol di Gerbang Tol Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol. Hal itu sudah termasuk penambahan tiga gardu tol reversible arah Trans-Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Ia menyampaikan, pihak Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya