Panca Membunuh 4 Anak karena Cemburu Ada Orang Ketiga Rumah Tangganya

Panca Darmansyah ditahan polisi usai dirawat di RS Polri

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Jakarta Selatan kembali mengungkap terkait motif pembunuhan empat anak oleh sang ayah, Panca Darmansyah di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi, mengatakan Panca terbakar cemburu kepada istrinya DM. Panca menduga ada orang ketiga di dalam rumah tangganya.

“Adanya rasa kecemburuan atau rasa kecewaan yang bersangkutan terhadap istrinya. Yang bersangkutan merasa cemburu adanya dugaan orang lain di dalam rumah tangga,” ujar Yossi di Polres Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023).

“Ini yang masih terus kami dalami tentu saja informasi tersebut tidak boleh kami terima mentah-mentah melainkan kami harus terus mendalami termasuk juga dalam pemeriksaan saudari DM dan pihak keluarga,” ujarnya.

Yossi menjelaskan, sebelum pembunuhan terjadi, Panca sempat melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga DM harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Saat dirawat, DM dan Panca kembali bertengkar dalam percakapan WhatsApp beberapa jam sebelum terjadinya pembunuhan.

“Nah, ketika terjadi pertengkaran, kemudian komunikasi tidak berlanjut, ada pembicaraan yang terputus. Hal inilah kemudian semakin membulatkan tekad yang berdangkutan untuk melakukan aksi kejinya menghilangkan nyawa dari keempat anaknya,” ujar dia.

Setelah itu, Panca merekam video sebelum membunuh empat anaknya untuk memberi pesan terakhir kepada DM.

“Di rekaman sebelumnya saudara PD atau tersangka ini menyampaikan bahwa ini adalah ‘rekaman kita yang terakhir’ kita itu ditujukan kepada saudara PD sendiri dengan keempat anaknya,” kata Yossi.

Setelah itu, Panca kembali merekam video setelah keempat anaknya tewas.

“Yang bersangkutan menyampaikan terdengar dlm video itu ada rasa, maafnya kepada anak-anaknya. Yang bersangkutan meminta maaf kpd anak-anaknya,” ujar Yossi.

“Namun hal itu tentu saja menjadi suatu pelengkap untuk alat bukti kami. Yang kami siapkan ketika berkas ini kami limpahkan ke kejaksaan,” imbuhnya.

Baca Juga: Polisi Ungkap Isi Rekaman Terakhir Panca dan 4 Anaknya yang Dibunuh

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya