PDIP Restui Kehadiran Gibran Rakabuming di Acara Kopdarnas PSI

Ahmad Basarah sebut Gibran diundang dan mewakili PDIP

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghadiri Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Selasa (22/8/2023) malam. Selain Gibran, politikus PDIP Budiman Sudjatmiko juga menghadiri acara tersebut.

Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP), Ahmad Basarah, sebut kehadiran anak Presiden Joko “Jokowi” Widodo itu memang atas restu PDIP.

“Mas Gibran hadir di acara PSI karena beliau diundang dan sebagai salah seorang tokoh pemuda nasional dan beliau juga mewakili PDIP dalam acara itu,” kata Basarah di Rumah Aspirasi Ganjar Pranowo, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusar, Rabu (23/8/2023).

1. PDIP tak mempermasalahkan sambutan Gibran di panggung PSI

PDIP Restui Kehadiran Gibran Rakabuming di Acara Kopdarnas PSIWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Basarah mengatakan, dirinya telah melihat sambutan yang diberikan Gibran dalam acara tersebut. Gibran dalam kesempatan itu disebut memuji PDIP yang membuka ruang demokrasi seluas-luasnya bagi para kader.

“Sebagai satu bukti kecintaan mas Gibran kepasa PDI Perjuangan itu membuktikan kader-kader PDI Perjuangan dihormati dan juga diberikan apresiasi oleh kekuatan-kekuatan politik yang lain, seperti mas Gibran diundang di acara PSI itu sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: Serap Lagi Aspirasi Rakyat, PSI Tarik Dukungan ke Ganjar?

2. Gibran hadir di acara PSI sebagai tamu spesial

PDIP Restui Kehadiran Gibran Rakabuming di Acara Kopdarnas PSIWawancara khusus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di acara Real Talk with Uni Lubis di Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/3/2023). (IDN Times/Reynaldy Wiranata & Gilang Pandutanaya)

Gibran menjadi tamu spesial dalam acara PSI. Celetukannya sempat memicu gelak tawa lantaran menyindir Budiman, yang urung diberi sanksi oleh partai.

Budiman pun hadir dalam acara Kopdar Nasional PSI sebagai kader PDIP. Meskipun partai dengan lambang banteng hitam dan moncong putih itu kerap tak menganggap dukungan politik yang diberikan oleh PSI kepada Ganjar Pranowo. 

"Karena tadi Mas Gibran menyebut partai kami, PDIP," ujar Budiman di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa malam kemarin. 

"Lho, gak jadi dipecat ya, Mas?" tanya Gibran spontan ke Budiman di forum tersebut yang langsung diikuti tawa satu arena Tennis Indoor. 

3. Budiman sampaikan pendapatnya soal sanksi PDIP di acara PSI

PDIP Restui Kehadiran Gibran Rakabuming di Acara Kopdarnas PSIBudiman Sudjatmiko (IDN Times/Rochmanudin)

Budiman mengatakan, dirinya tidak takut bakal dikenai sanksi oleh PDIP karena baru-baru ini menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

Dalam pandangannya, dipecat dari sebuah organisasi bukan risiko paling tinggi yang pernah dihadapi dalam hidupnya. 

"Jadi, menurut saya it's okay (kalau dipecat). Kata Winston Churcil nih, mantan Perdana Menteri Inggris, dalam perang kamu hanya mati satu kali. Tapi, dalam politik, kamu bisa mati berkali-kali dan bisa hidup berkali-kali juga," kata Budiman, merespons pernyataan Helmy Yahya. 

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Bantah Pernah Minta Jatah Menteri ke Jokowi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya