Pendaftaran Resmi Dibuka, Ini 4 Nama yang Maju sebagai Caketum PAN

Zulhas kembali mencalonkan diri dari PAN Kendari

Jakarta, IDN Times - Panitia pemilihan yang ditetapkan oleh Steering Committe Kongres akan membuka pendaftaran Calon Ketua Umum DPP PAN. Sekretaris Panitia Pengarah Kongres V PAN Saleh Daulay, mengatakan bahwa saat ini sudah ada empat kandidat yang akan maju sebagai calon ketua umum 2020-2025.

Mereka adalah Waketum PAN Mulfachri Harahap, Waketum PAN Asman Abnur, Wakil Ketua Dewan Pembina PAN Dradjad Wibowo, dan Zulkifli Hasan yang saat ini merupakan Ketua Umum PAN.

1. Pendaftaran caketum di Jakarta dan Kendari

Pendaftaran Resmi Dibuka, Ini 4 Nama yang Maju sebagai Caketum PANDok. IDN Times/Istimewa

Pendaftaran dibuka dari tanggal 8 sampai dengan 10 Februari pukul 17.00 WIB, di Kantor DPP PAN Jakarta atau Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Masing-masing kandidat dapat mendaftarkan diri sebagai bakal calon. Mereka diharapkan dapat hadir langsung untuk mengisi formulir sekalian menandatangani beberapa surat pernyataan. Tentu sangat baik jika bersama-sama dengan tim masing-masing,” kata Daulay saat dikonfirmasi, Sabtu (8/2).

Baca Juga: Sentil Cawagub Gerindra, PAN: Katanya Terbaik, Kok Takut Diuji?

2. Tiga calon mendaftar di Jakarta, sementara Zulhas di Kendari

Pendaftaran Resmi Dibuka, Ini 4 Nama yang Maju sebagai Caketum PANIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berdasarkan informasi yang ia peroleh, tiga calon akan mendaftar di Jakarta. Sedangkan Zulkifli Hasan lebih memilih untuk mendaftar di Kendari pada tanggal 10 nanti.

“Kalau sudah mendaftar, statusnya nanti akan menjadi bakal calon ketua umum. Setelah pengesahan tatib pemilihan, mereka nanti akan langsung ditetapkan menjadi calon ketua umum. Setelah itu, nanti mereka akan diminta untuk menyampaikan visi misi dalam memimpin PAN 5 tahun ke depan,” ucap dia.

3. Panitia kongres membuka peluang debat terbuka

Pendaftaran Resmi Dibuka, Ini 4 Nama yang Maju sebagai Caketum PANIDN Times/Aldzah Aditya

Panitia juga membuka peluang akan dilaksanakannya debat terbuka antar calon. Hal itu bisa dilakukan jika nantinya tersedia waktu dan melihat kondisi yang memungkinkan.

“Semua kandidat pun secara tidak langsung sudah menyatakan kesediaannya,” ucap Daulay.

4. Kongres V PAN digelar di Kendari

Pendaftaran Resmi Dibuka, Ini 4 Nama yang Maju sebagai Caketum PANIDN Times/Irfan Fathurochman

Kongres V PAN diselenggarakan pada 10-12 Februari 2020 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Agenda kongres adalah pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025.

Ketua Steering Committe (SC) Kongres PAN Eddy Soeparno, mengatakan nantinya ada 590 pemilik suara untuk pemilihan ketua umum PAN yang terdiri dari 34 dewan pimpinan wilayah (DPW), 514 dewan pimpinan daerah (DPD), serta hak suara ketua, sekretaris jenderal, dan bendahara umum.

Baca Juga: Pengaruh Politik Amien Rais di PAN Masih Besar

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya