Pilkada Kota Bandarlampung: Istri Wali Kota Bersaing dengan Eks Bupati

Esk bupati adalah anak mantan gubernur Lampung

Jakarta, IDN Times - Sejumlah bakal calon mulai mendaftarkan diri ke partai politik sebagai calon kepala daerah untuk Pilkada 2020. Beberapa wilayah diprediksi berpotensi terjadi persaingan ketat antar calon kandidat.

Seperti Kota Bandarlampung, Lampung. Kandidat calon Eva Dwiana yang merupakan istri wali kota Bandarlampung Herman HN akan menantang mantan Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza, yang juga anak mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP.

1. Pilkada Kota Bandarlampung diprediksi berlangsung dinamis dan penuh persaingan

Pilkada Kota Bandarlampung: Istri Wali Kota Bersaing dengan Eks BupatiIlustrasi kotak suara. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pengamat politik dari Universitas Lampung Arizka Warganegara  memprediksikan, Pilkada Kota Bandarlampung akan berlangsung menarik dan dinamis.

"Saya memprediksikan setidaknya calon akan lebih dari dua pasangan, dan nampaknya beberapa partai mulai realistis dengan calon-calon yang tersedia," kata pengajar FISIP Unila itu dikutip dari kantor berita Antara, Senin (23/12).

2. Eva Dwiana meraup keuntungan sang suami

Pilkada Kota Bandarlampung: Istri Wali Kota Bersaing dengan Eks Bupati(Ilustrasi) IDN Times/Handoko

Eva diprediksi akan meraup keuntungan dari suaminya pada Pilkada 2020. Sebab, menurut Arizka, beberapa hal yang sudah digagas Wali Kota Herman HN selama hampir 10 tahun terakhir dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, disambut baik warga jika merujuk pada hasil Pilkada 2015.

“Katakanlah sebagai approval ratting Herman HN di periode kedua yang mencapai lebih dari 80 persen," kata dia.

Baca Juga: PDIP Pastikan Tak Ada Ganjalan bagi Gibran Maju Pilkada Solo 2020 

3. Opsi calon independen akan menarik

Pilkada Kota Bandarlampung: Istri Wali Kota Bersaing dengan Eks Bupati(Ilustrasi) IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Tak hanya itu, opsi calon independen yang turut maju juga menarik, walaupun terlihat partai politik mendukung pada dua atau tiga calon sejauh ini.

"Yang diperlukan oleh sosok wali kota ke depan adalah keberanian untuk mengeksekusi program dan punya blue print pembangunan yang outcome-nya jelas,” ujar Arizka.

4. Beberapa calon sudah mulai berkampanye

Pilkada Kota Bandarlampung: Istri Wali Kota Bersaing dengan Eks BupatiIlustrasi petugas KPU. IDN Times/Handoko

Sejumlah warga Kota Bandarlampung masih menanti bakal calon wali kota prospektif, yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

"Sekarang sudah 'perang' publikasi, baik melalui media sosial, menggunakan banner, pamflet, dan lainnya. Tetapi dari semua itu masih bakal calon dan menanti dijadikan calon. Namun yang paling utama siapa nanti yang paling prospektif dapat membawa Bandarlampung lebih maju lagi," kata Bejo Syarkawi, warga Bandarlampung.

Bejo menyebutkan ada beberapa bakal calon yang sudah mulai 'jualan', tetapi yang gencar ada dua orang yaitu Eva Dwiana dan Rycko Menoza.

"Dua sosok itu yang nampaknya gencar sosialisasi, tetapi masih kita tunggu komitmennya. Saya hingga kini belum menentukan pilihan. Bisa saja nanti satu di antara mereka, atau bukan mereka kalau bakal calon lainnya memang menjanjikan dan sesuai harapan," kata dia.

5. KPU Kota Bandarlampung telah melakukan sosialisasi

Pilkada Kota Bandarlampung: Istri Wali Kota Bersaing dengan Eks BupatiIDN Times/Handoko

KPU Kota Bandarlampung telah melakukan sosialisasi tahapan program dan jadwal Pilkada 2020, dengan melibatkan beragam elemen dan media.

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan KPU Bandar Lampung antara lain workshop kepemiluan, lomba jingle dan maskot KPU, peluncuran pilkada serentak, sosialisasi kepada masyarakat dengan segmentasi.

Segmentasi itu antara lain pemilih pemula, kelompok marjinal, pemilih perempuan, kebutuhan khusus, disabilitas, komunitas, tokoh agama, dan masyarakat.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Masalah di Pilkada 2018 Harus Jadi Pertimbangan Persiapan Pilkada 2020

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya