Polisi: CCTV di Rumah Singgah Kadiv Propam Sudah 2 Minggu Rusak 

Polisi tetap usut kasus meski CCTV untuk bukti tak ada

Jakarta, IDN Times - Keluarga Brigadir J meminta polisi membuktikan dugaan pelecehan yang dilakukan terhadap istri Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo, dengan membuka rekaman CCTV di rumah singgah yang berlokasi di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kapolres Jakarta Selatan (Jaksel), Kombes Budhi Herdi Susianto, mengatakan, pihaknya tidak bisa membuktikan dugaan pelecehan tersebut lewat CCTV. Pasalnya, CCTV di rumah tersebut rusak sejak dua minggu sebelum kejadian.

"Kami juga mendapatkan bahwa di rumah tersebut memang kebetulan CCTV-nya rusak sejak dua minggu lalu sehingga tidak dapat kami dapatkan (bukti rekaman CCTV)," kata Budhi di Polres Jaksel, Selasa (12/7/2022).

Meski begitu, Budhi memastikan pihaknya akan terus mengusut kasus baku tembak sesama anggota Polri itu. Ia akan melakukan investigasi secara scientific crime investigation, yakni dengan mencari alat bukti lain secara scientific agar peristiwa tersebut bisa terang benderang. 

"Ingat, bahwa 184 KUHAP ada lima alat bukti yang harus dikumpulkan oleh Polri. Pertama, keterangan saksi. Kedua, keterangan ahli. Ketiga, ada surat atau dokumen. Keempat, petunjuk dan kelima, keterangan terdakwa," kata Budhi.

"Jadi lima alat bukti ini sudah diatur dalam KUHAP dan kami tentunya akan berupaya secara scientific crime untuk mencari alat bukti yang memang diatur dalam KUHAP tersebut," lanjut dia.

Diketahui, peristiwa baku tembak terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022). Peristiwa ini menewaskan Brigadir J, anggota Polri yang juga merupakan sopir istri Kadiv Propam Polri akibat ditembak oleh Bharada E.

Menurut keterangan polisi, tewasnya Brigadir J tersebut dikarenakan korban memasuki kamar istri Kadiv Propam Polri dan melakukan pelecehan. Selain itu, Brigadir J juga disebut-sebut menodongkan senjata kepada istri Kadiv Propam Polri tersebut.

Sebab dilecehkan, istri Kadiv Propam berteriak. Teriakannya itu didengar oleh Bharada E. Aksi baku tembak pun tak dapat dielakkan setelah kejadian tersebut hingga membuat Brigadir J tewas.

Baca Juga: Sepak Terjang Brigadir J, Sopir Istri Ferdy Sambo Sudah 2 Tahun Tugas 

Baca Juga: Polisi: Brigadir J Todongkan Senjata ke Kepala Istri Kadiv, Diam Kamu!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya