Polisi yang Tolak Laporan Korban Perampokan di Pulogadung Dimutasi 

Aipda Rudi akan menjalani sidang disiplin Rabu

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan pihaknya telah memutasi anggota Polsek Pulogadung, Aipda Rudi Panjaitan yang diduga menolak laporan seorang perempuan yang menjadi korban perampokan.

Aipda Rudi yang sebelumnya menempati jabatan di Unit Reserse Pulogadung dimutasi ke Polres Jakarta Timur dengan tanpa jabatan.

“Kan sudah ditindak dia, yang pertama tindakannya sudah dimutasikan di Polres Jaktim. Kan jabatannya Unit Serse Pulogadung kemudian dipindahkan ke Polres Jaktim nonjob jadi Basium atau Bintara Seksi Umum itu dalam rangka pembinaan,” ujar Zulpan saat dihubungi, Senin (13/12/2021).

1. Petugas SPKT seharusnya mengayomi masyarakat

Polisi yang Tolak Laporan Korban Perampokan di Pulogadung Dimutasi Korban melapor ke SPKT Polrestabes Palembang (IDN Times/Istimewa)

Zulpan menjelaskan, seharusnya anggota yang bertugas di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), harus menjadi sosok Polri yang pelindung dan pengayom masyarakat. Bukan malah menolak laporan warga yang jelas-jelas merupakan korban perampokan.

“Karena pada prinsipnya kita ketahui masyarakat yang melapor kepada kepolisian itu adalah orang yang sedang dirundung masalah. Tentunya ini harus direspons dengan baik,” ujar Zulpan.

Baca Juga: Viral, Wanita Korban Perampokan Ditolak dan Diomeli Polisi saat Lapor

2. Kapolda Metro Jaya langsung membenahi pelayanan

Polisi yang Tolak Laporan Korban Perampokan di Pulogadung Dimutasi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Atas peristiwa ini, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran telah memerintahkan seluruh kapolres dan kapolsek di lingkungan Polda Metro Jaya untuk membenahi pelayanan. Ia juga memerintahkan untuk memberi sanksi tegas kepada anggota yang melakukan pelanggaran.

“Kepada mereka yang membuat pelanggan kepada Aipda Rudi Panjaitan ini tentunya nanti akan diberikan sanksi tegas. Tindakan disiplin akan disiapkan. Ke depan kami akan memperbaiki diri dalam rangka ke dalam untuk anggota agar lebih baik lagi dalam melayani masyarakat,” ujar dia.

3. Aipda Rudi akan disidang disiplin Rabu

Polisi yang Tolak Laporan Korban Perampokan di Pulogadung Dimutasi Ilustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat ini, Propam Polda Metro Jaya juga masih memeriksa Aipda Rudi dalam peristiwa ini. Sidang disiplin pun telah disiapkan pada Rabu (15/12/2021).

“Tadi Pak Kapolres sudah sampaikan laporan kepada pak Kapolda itu hari Rabu sidang disiplin,” ujar Zulpan.

Baca Juga: Keroyok Polisi, Polda Metro Periksa 2 Petinggi Pemuda Pancasila 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya