Polri Antisipasi Narkoba Zombie Amerika Beredar di Indonesia

Bareskrim pastikan narkoba zombie belum masuk ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mengantisipasi peredaran narkoba zombie yang tengah mewabah di Amerika Serikat (AS).

Wakil Direktur (Wadir) Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Pol Jayadi, mengatakan, antisipasi fenomena di Amerika itu telah dibahas saat Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di Badung, Bali, Rabu (24/5/2023) lalu.

"Kemarin pada saat Rakernis di Bali juga kita mengimbau kepada seluruh jajaran untuk mengantisipasi apa yang terjadi di Amerika dan sekitarnya terkait dengan peredaran fentanil yang ada di sana," kata Jayadi di Mabes Polri.

Baca Juga: Narkoba 'Zombie' Menjamur di AS, Efeknya Mengerikan

1. Narkoba zombie mengandung fentanil

Polri Antisipasi Narkoba Zombie Amerika Beredar di IndonesiaWakil Direktur (Wadir) Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Jayadi (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jayadi menjelaskan, narkoba jenis Flakka itu terdapat kandungan fentanil yang memiliki efek samping membuat penggunanya berperilaku seperti zombie.

"Flakka itu didalamnya kandungannya ada fentanil. Fentanil itu merupakan narkotika, di Amerika lagi booming,” ujar Jayadi.

Baca Juga: Jabat Direktur Reserse Narkoba, Kombes Hengki: Jakarta Harus Bebas Narkoba

2. Narkoba zombie dipastikan belum terdeteksi di Indonesia

Polri Antisipasi Narkoba Zombie Amerika Beredar di Indonesiailustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Namun demikian, Bareskrim Polri memastikan narkoba zombie ini belum terdeteksi di Indonesia. Dittipidnarkoba bakal mencegah narkoba zombie masuk ke Indonesia.

“Pertanyaannya, apakah di Indonesia sudah mewabah atau sudah masuk ke Indonesia? Sampai dengan hari ini, sampai dengan saat ini kita belum menemukan," kata Jayadi.

Baca Juga: Teddy Minahasa Akhirnya Dipecat Polri

3. Narkoba zombie mewabah di Amerika Serikat

Polri Antisipasi Narkoba Zombie Amerika Beredar di IndonesiaPetugas kesehatan tiba untuk pertukaran shif ditengah mewabahnya virus corona varian Omicron di seluruh negeri di Houston, Texas, Amerika Serikat, Kamis (30/12/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Callaghan O'Hare)

Kasus narkoba zombie mewabah di Amerika Serikat, khususnya di New York dan Los Angeles.

Narkotika zombie ini diketahui adalah obat tranq yang dikenal dengan xylazine, wabah yang dilaporkan di AS menunjukkan banyak di antara mereka mencampur tranq dengan fentanil yang berujung efek serius.

Pemerintah AS telah menetapkan kombinasi narkoba ini sebagai ancaman baru, lantaran kasus overdosis dan kematian di penjuru AS terus mengalami peningkatan.

Baca Juga: Nindy Ayunda Bakal Hadiri Pemeriksaan Kasus Dito Mahendra Hari Ini

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya