Polri: Buronan KPK Ada yang Ganti Nama  dan Kewarganegaraan

Polri masih memonitor pergerakan yang bersangkutan

Jakarta, IDN Times - Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri menyebut ada buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berganti identitas dan kewarganegaraan.

Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti, mengatakan, meski telah mengganti identitasnya, tetapi Polri masih memonitor pergerakan yang bersangkutan.

“Ada yang lain berganti kewarganegaraan dan berganti nama, tapi kami tahu lokasinya dan itu kami akan mengupayakan langkah-langkah lainnya untuk mendukung KPK memulangkan yang bersangkutan,” kata Khrisna di Mabes Polri, Senin (7/8/2023).

Namun, Polri memastikan eks Caleg PDI Perjuangan (PDIP), Harun Masiku masih berkewarganegaraan Indonesia. Harun juga tidak mengubah identitasnya.

“Yang bersangkutan (Harun), belum (mengubah identitas dan kewarganegaraan),” ujarnya.

Khrisna memastikan, Harun Masiku yang menjadi buronan KPK itu terdeteksi berada di Indonesia. Hal itu terekam dari data perlintasan yang dimiliki Polri.

Awal mula keberadaan Harun Masiku melintas ke Singapura terekam pada 16 Januari 2020. Namun sehari setelahnya atau 17 Januari 2020, Harun kembali lagi ke Indonesia.

“Pada saat itu, Polri dalam hal ini Div Hub Inter, Interpol belum dimintai tolong oleh KPK, belum dikontak KPK untuk perburuan,” ujar Khrisna.

Setelah dikontak KPK untuk dimintai bantuan, Polri pun langsung berkoordinasi dengan Interpol Pusat di The Lyon Prancis untuk diterbitkan red notice.

“Red notice tersebut baru dikeluarkan pada tanggal 30 Juni 2021,” kata Khrisna.

Ia menyimpulkan, red notice baru terbit satu setengah tahun setelah Harun kembali dari Singapura ke Indonesia.

“Nah, dari apa yang kami dimintai bantuan, kami berkoordinasi dengan berbagai negara untuk pencarian yang bersangkutan. Segala informasi sekecil apapun, termasuk rumor-rumor kami dalami sampai tadi kami mendeteksi yang bersangkutan kira-kira masih ada di Indonesia,” kata Khrisna.

Baca Juga: Mabes Polri Deteksi Harun Masiku di Indonesia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya