Polri Sebut Terduga Pelaku Pembunuhan WNI di Jepang Sudah Ditangkap

Kepolisian Jepang saat ini masih melakukan pemeriksaan

Jakarta, IDN Times - Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri menyebut terduga pelaku pembunuhan warga negara Indonesia (WNI), Josi Putri Cahayani (JPC), di Jepang sudah ditangkap polisi setempat.

Kadiv Hubinter Polri, Irjen Krishna Murti mengatakan dari hasil laporan yang diterima, terduga pelaku pembunuhan ditangkap di salah satu stasiun di Tokyo, Kamis (24/8/2023).

“Polisi Jepang sudah berhasil menangkap terduga pelaku pembunuhan terhadap korban JPC pada 24 Agustus 2023 di salah satu stasiun di Tokyo pukul 13.25 waktu Tokyo," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: WNI Meninggal di Jepang Diduga Dibunuh Kekasihnya

1. Kepolisian Jepang saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif

Polri Sebut Terduga Pelaku Pembunuhan WNI di Jepang Sudah DitangkapKadiv Hubinter Polri, Irjen Krishna Murti. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Meski, Krishna mengaku masih belum bisa memastikan apakah pihak yang telah ditangkap merupakan pelaku utama atau bukan. Ia menyebut Kepolisian Jepang saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif.

"Namun belum dikonfirmasi secara resmi bahwa yang bersangkutan adalah pelaku pembunuhan, regulasi di Jepang mewajibkan Kepolisian Jepang untuk memeriksa tahap demi tahap," kata dia.

Baca Juga: WNI Meninggal di Jepang, KBRI Tunggu Hasil Autopsi

2. Terduga pelaku melakukan penelantaran terhadap korban

Polri Sebut Terduga Pelaku Pembunuhan WNI di Jepang Sudah DitangkapIlustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, Krishna menuturkan dari informasi yang diterima pihaknya terduga pelaku melakukan penelantaran terhadap korban.

"Saat ini terduga pelaku masih diduga melakukan penelantaran jenazah," ujar dia.

Baca Juga: Keluarga Pelajar Indonesia yang Tewas di Jepang Tak Tinggal di Sumbar 

3. WNI ditemukan tewas di salah satu apartemen di Maebashi

Polri Sebut Terduga Pelaku Pembunuhan WNI di Jepang Sudah DitangkapANTARA FOTO/TimInafis

Sebelumnya, seorang WNI ditemukan tewas di salah satu apartemen di Maebashi, Prefektur Gunma, Jepang, pada Selasa (22/8/2023).

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, mengonfirmasi seseorang diduga WNI meninggal di Gunma, Jepang.

"KBRI Tokyo telah menerima informasi mengenai meninggalnya seseorang yang diduga WNI di Prefektur Gunma, Jepang," ujar Judha melalui keterangannya, Kamis.

Judha memastikan KBRI Tokyo juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Gunma untuk proses otopsi dan identifikasi jenazah lebih lanjut.

"Hingga saat ini KBRI masih menunggu hasil otopsi dan identifikasi jenazah tersebut," kata Judha.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya