PPATK Blokir Ratusan Rekening Panji Gumilang Al Zaytun

PPATK sebut terdapat transaksi yang sangat masif dan besar

Jakarta, IDN Times - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) melakukan pemblokiran terhadap ratusan rekening milik Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang.

Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, mengatakan, pemblokiran tersebut dilakukan dengan alasan bahwa pihaknya tengah melakukan analisis keuangan dari rekening Panji.

"Iya (kami melakukan pemblokiran rekening Panji Gumilang)," kata Ivan saat dihubungi, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga: Mahfud MD Sebut PPATK Telusuri 256 Rekening Terkait Panji Gumilang

1. PPATK temukan nominal transaksi yang besar

PPATK Blokir Ratusan Rekening Panji Gumilang Al ZaytunKonferensi pers TPPU di PPATK soal isu-isu aktual pada Senin (10/4/2023). (dok. Humas Kemenpolhukam)

Kendati demikian, Ivan masih belum dapat menjelaskan lebih lanjut soal hasil analisis yang dilakukan. Ia hanya memastikan proses analisis rekening Panji masih terus berkembang.

"Masih kami proses semua, ya. Berkembang terus," sebutnya.

Lebih lanjut, Ivan hanya menyebutkan bahwa pihaknya menemukan sejumlah transaksi dengan nominal yang cukup besar.

"Masif dan besar sekali," ujar Ivan.

Baca Juga: Dijerat UU ITE, Panji Gumilang Diduga Menyebarkan Berita Bohong

2. Mahfud MD sebut Panji Gumilang memiliki 256 rekening

PPATK Blokir Ratusan Rekening Panji Gumilang Al ZaytunMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengatakan, saat ini PPATK mengidentifikasi ada 256 rekening di bank dengan nama Panji Gumilang. Rekening-rekening itu dibuat dengan enam identitas berbeda. 

"Ya, memang ada 256 rekening (di bank) atas nama Abu Toto Panji Gumilang, Abdussalam Panji Gumilang. Pokoknya ada enam lah (identitasnya)," ungkap Mahfud usai memberikan sambutan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023). 

Kemudian, rekening atas nama Pondok Pesantren Al Zaytun diketahui ada sebanyak 33.

"Jadi, ada 256 rekening atas nama dia dan 33 rekening atas nama institusi sehingga total ada 289 rekening," tutur dia. 

Baca Juga: Bareskrim Periksa Saksi Kasus Penistaan Agama Panji Gumilang Hari Ini

3. Mahfud MD mengendus transaksi mencurigakan di rekening Panji Gumilang

PPATK Blokir Ratusan Rekening Panji Gumilang Al ZaytunPimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang (tengah) berjalan saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ia menambahkan, transaksi keuangan di ratusan rekening tersebut masuk ke kategori agak mencurigakan sehingga PPATK sedang mendalaminya.

"Ini sekarang sedang dianalisis dari sudut PPATK. Apakah ada pencucian uang atau tidak. Kalau ada transaksi yang mencurigakan, maka akan diambil oleh PPATK (untuk ditelusuri)," katanya. 

Baca Juga: Selain Penistaan Agama, Bareskrim Jerat Panji Gumilang dengan UU ITE

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya