Comscore Tracker

PPKM Darurat, Kapolda Metro Tegaskan Tak Larang Masyarakat Berjualan

Kapolda pastikan personelnya bersikap santun

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan pihaknya terus berupaya bertindak secara humanis selama PPKM Darurat. Termasuk, kepada pedangang yang beroperasi di DKI Jakarta dan sekitarnya.  

“Anda malam hari coba keliling ke pelosok-pelosok, di Cengkareng, di Kemayoran, di Penggilingan, di Cakung, dan di Bangka. Apakah kami pernah melarang mereka berjualan? Yang terjadi adalah kami mengatur,” kata Fadil usai rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta di Taman Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (18/7/2021).

1. Polda Metro akan evaluasi tindakan personel selama PPKM Darurat

PPKM Darurat, Kapolda Metro Tegaskan Tak Larang Masyarakat BerjualanIlustrasi warung di tengah PPKM Darurat (ANTARA FOTO/Fauzan)

Fadil menjelaskan, selama PPKM Darurat belum ada gesekan antara masyarakat dan kepolisian. Namun demikian, pihaknya akan mengevaluasi terhadap tindakan-tindakan personel di lapangan selama PPKM Darurat.

“Peristiwa yang terjadi kesalahpahaman akan kami pedomani dan evaluasi. Alhamdulillah sampai hari ini di Jakarta tidak ada gesekan yang terjadi,” ujar Fadil.

Baca Juga: Jokowi Minta Aparat Tegas tapi Jangan Kasar saat Tegakkan PPKM Darurat

2. Kapolda pastikan personel di lapangan bersikap santun

PPKM Darurat, Kapolda Metro Tegaskan Tak Larang Masyarakat BerjualanIlustrasi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Fadil pun mengapresiasi kinerja jajaran Satpol PP, Polres, Kodim, dan elemen masyarakat yang mendukung PPKM Darurat selama ini. Menurutnya, selama ini seluruh personel yang terlibat dalam operasi kemanusiaan telah menciptakan situasi kondusif. 

“Jakarta tidak hanya harus sehat, tapi Jakarta harus selalu aman dan sejuk. Itu yang kami sampaikan. Arahan bapak presiden setiap hari akan kami ingatkan kepada anggota untuk bersikap santun, namun tetap menegakkan hukum,” ujarnya.

3. Pemerintah belum putuskan untuk perpanjang PPKM Darurat

PPKM Darurat, Kapolda Metro Tegaskan Tak Larang Masyarakat BerjualanMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah belum memutuskan untuk memperpanjang PPKM Darurat. Pemerintah masih melakukan evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat selama ini.

Nantinya, evaluasi akan menentukan kebijakan PPKM Darurat ini apakah akan diperpanjang atau tidak. Menurut Luhut, keputusan soal perpanjangan PPKM Darurat ini diumumkan paling lambat tiga hari ke depan menunggu hasil evaluasi.

"Kami sedang melakukan evaluasi apakah PPKM dengan jangka waktu dan apakah dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut, kami akan laporkan kepada bapak presiden dan dalam dua tiga hari ke depan kami akan mengumumkan secara resmi," kata Luhut dalam konferensi pers evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021).

Baca Juga: Pemerintah Harus Penuhi Kebutuhan Warga jika PPKM Darurat Diperpanjang

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya