Singgung Pertemuan Jokowi-Prabowo, Bamsoet Berpantun di Paripurna DPR

Bamsoet ucapkan selamat pada Jokowi-Ma'ruf Amin

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet, menyindir pertemuan Presiden terpilih 2019-2024 Joko “Jokowi” Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pertemuan yang terjadi pada akhir pekan lalu itu sempat menyita perhatian masyarakat dan memberi kesan 'adem' untuk konstelasi politik sekarang ini. Sebab, pertemuan itu telah lama dinantikan pasca-perhelatan Pilpres 2019 yang berlangsung memanas.

Bamsoet menyampaikan sindirannya melalui pantun dalam sidang paripurna DPR di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7).

1. Bamsoet singging pertemuan Jokowi-Prabowo melalui pantun

Singgung Pertemuan Jokowi-Prabowo, Bamsoet Berpantun di Paripurna DPRIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Mengawali pidatonya dalam Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2018-2019, Bamsoet menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPR yang selama ini bekerja dengan baik. Setelahnya, ia berpantun.  

“Pergi ke pasar membeli ketan. Dimasak gulai buat tetamu. Hati rakyat kini kembali tenteram. Karena dua pemimpin sudah bertemu,” ucap dia.

“Buah mangga buah rambutan, ditanam petani turun-temurun.
Walau masa jabatan tinggal dua bulan, kinerja DPR tidak pernah menurun,” sambung Bamsoet.

Baca Juga: Kilas Balik Kemesraan Megawati-Prabowo pada Pilpres 2009

2. Bamsoet berharap luka di masyarakat segera terobati

Singgung Pertemuan Jokowi-Prabowo, Bamsoet Berpantun di Paripurna DPRANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Masih soal pertemuan Jokowi-Prabowo, Bamsoet berharap, luka di masyarakat segera terobati pasca-Pilpres 2019, yang disebut-sebut sempat terpolarisasi.

"Syukur alhamdulillah setelah Bapak Presiden Joko Widodo bertemu dengan Bapak Prabowo Subianto, ketua umum Partai Gerindra, mudah-mudahan luka di masyarakat dapat terobati, dan kehidupan masyarakat di akar rumput akan teduh dan damai kembali," kata dia.

“Saatnya kita menatap ke depan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu kembali, bersama-sama membangun bangsa demi kemajuan negeri yang kita cintai," Bamsoet menambahkan.

3. Bamsoet mengucapkan selamat kepada pasangan presiden terpilih Jokowi-Ma’ruf Amin

Singgung Pertemuan Jokowi-Prabowo, Bamsoet Berpantun di Paripurna DPRIDN Times/Marisa Safitri

Dalam pidatonya, Bamsoet juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024.

"Selanjutnya, atas nama Pimpinan Dewan, izinkan saya menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Bapak Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, yang telah ditetapkan oleh KPU sebagai presiden dan wakil presiden terpilih," tutur dia.

4. Saatnya Jokowi-Ma’ruf Amin membentuk menteri kabinet

Singgung Pertemuan Jokowi-Prabowo, Bamsoet Berpantun di Paripurna DPRIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bamsoet mengatakan hari-hari ke depan adalah waktu bagi Jokowi-Ma'ruf untuk menyeleksi menteri kabinet. Melalui seleksi, akan terlihat wajah kabinet yang akan dibangun nantinya.

"Karena hak prerogatif ada di tangan presiden, maka pilihlah putra-putri terbaik bangsa, baik yang berasal dari partai politik maupun non-partai politik, agar akselerasi pembangunan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan," ujar dia.

Apapun format dan wajah kabinet mendatang, Bamsoet berharap, sebaiknya mekanisme checks and balances antara pemerintah dan DPR tetap terjaga dengan baik, sesuai amanat konstitusi.

"Karena tegaknya mekanisme checks and balances akan memperkuat sistem demokrasi dan pemerintahan itu sendiri," kata dia.

Setelah persidangan ini, DPR akan memasuki masa reses yang berlangsung sejak 16 Juli hingga 15 Agustus 2019.

Baca Juga: Megawati Minta Prabowo Dialog Langsung dengan Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya