TPNPB-OPM Klaim Tembak 17 Anggota TNI dan Kuasai Bandara Intan Jaya

TNI bantah ada korban jiwa saat kontak tembak

Jakarta, IDN Times - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) klaim berhasil menembak 17 anggota TNI-Polri di Intan Jaya sejak 28 Oktober 2021 hingga Kamis (4/11/2021).

"Perang terbuka antara TPNPB dan TNI-Polri di Intan Jaya, kami menembak 17 orang anggota pasukan TNI-Polri. Namun, semua media Indonessa tidak mau umumkan, di antaranya tiga orang pimpinan dan 14 orang pasukan," kata Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom kepada IDN Times, Kamis (4/11/2021).

1. TPNPB-OPM juga klaim kuasai Bandara Bilogai, Intan Jaya

TPNPB-OPM Klaim Tembak 17 Anggota TNI dan Kuasai Bandara Intan JayaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebby juga klaim TPNPB-OPM masih menguasai Bandara Bilogai, Intan Jaya, sejak penyerangan pada Jumat (29/10/2021). Klaim tersebut dibuktikan dengan menolak kedatangan Bupati Intan Jaya sehingga pesawat kembali ke Nabire.

"Dikuasai oleh pihak kami, TPNPB sejak hari pertama sampai dengan sekarang, maka mayat anggota TNI-Polri dan luka-luka semua masih di sini tidak ada yang bisa keluar dari sini," ujar Sebby.

Baca Juga: Kerahkan 60 Personel, TPNPB-OPM Klaim Kuasai Bandara Sugapa Papua 

2. Dua bocah tewas tertembak di Intan Jaya

TPNPB-OPM Klaim Tembak 17 Anggota TNI dan Kuasai Bandara Intan JayaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sementara itu, TPNPB-OPM menyatakan nihil korban jiwa maupun luka-luka selama kontak tembak berlangsung. Namun, Sebby menyebutkan dua bocah tertembak TNI-Polri di Intan Jaya.

"TNI menembak dua orang anak kecil. Mereka yang tertembak itu masyarakat kami di sini," kata Sebby.

3. TNI bantah pernyataan TPNPB-OPM

TPNPB-OPM Klaim Tembak 17 Anggota TNI dan Kuasai Bandara Intan JayaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Kodam XVII Cendrawasih, Letkol Arm Reza Nur Patria membantah semua pernyataan TPNPB-OPM terkait 17 korban TNI-Polri akibat kontak tembak di Intan Jaya. Dia juga membantah ada dua bocah yang tertembak TNI-Polri.

"Pernyataan yang menyebutkan bahwa terjadi Kontak tembak di Kabupaten Intan Jaya yang mengakibatkan 17 anggota TNI Polri meninggal dunia adalah tidak benar. Kondisi Bandara Bilogai saat ini dalam keadaan waspada terkendali dan dikuasai oleh Aparat TNI Polri," kata Reza dikonfirmasi IDN Times, Kamis (4/11/2021).

Baca Juga: TPNPB-OPM Serahkan Mantri Gerald ke Keluarga Lewat Bupati di Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya