Viral Debt Collector Mengerubuti Mobil yang Dikendarai Anggota TNI

Anggota TNI itu sedang menolong warga ke rumah sakit

Jakarta, IDN Times - Sebuah video viral di media sosial terkait mobil yang dikendarai seorang anggota TNI dikerubuti oleh debt collector atau penagih utang di gerbang tol kawasan Jakarta Utara.

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin mengatakan, kejadian yang menimpa mobil jenis Honda Mobilio dengan nomor polisi B 2638 BZK warna putih ini dikendarai anggota TNI AD berpangkat Sersan Dua (Serda).

“Satuan TNI AD khususnya Kodam Jaya, tidak menolerir atas perlakuan dari pihak penagih utang yang secara arogan mengambil paksa kendaraan yang dikemudikan Serda Nurhadi sebagai Babinsa, yang akan menolong warga sakit dan memerlukan pertolongan untuk dirawat di rumah sakit,” ujar Herwin dikutip dari ANTARA, Minggu (9/5/2021).

Baca Juga: Viral Debt Collector Pinjol Ancam Santet Anak Teman Peminjam

1. Kendaraan bukan milik Serda Nurhadi

Viral Debt Collector Mengerubuti Mobil yang Dikendarai Anggota TNIIlustrasi hakim (IDN Times/Sukma Shakti)

Herwin menegaskan, tindakan mengambil kendaraan bermotor secara paksa (perampasan) dapat dijerat/dikenakan Pasal 365 KUHAP mengenai pencurian dengan kekerasan sebagai pemberatan dari pasal pencurian biasa, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362 KUHAP.

Dia menjelaskan, Serda Nurhadi yang mengemudikan mobil Honda Mobilio putih itu merupakan Babinsa Ramil Semper Timur II/05 Komando Distrik Militer (Kodim) 0502/ Jakarta Utara.

“Namun, Serda Nurhadi bukan pemilik kendaraan tersebut, melainkan hanya ingin menolong seorang warga Tanjung Priok berobat,” kata Herwin.

2. Kronologi kejadian: Serda Nurhadi ambil alih mobil yang dikerubuti debt collector

Viral Debt Collector Mengerubuti Mobil yang Dikendarai Anggota TNIIlustrasi mobil (IDN Times/Sukma Shakti)

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (6/5/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Serda Nurhadi yang berada di kantor Kelurahan Semper Timur mendapat laporan dari anggota PPSU yang melihat ada kendaraan dikerubuti sekitar sepuluh orang, sehingga menyebabkan kemacetan.

Di dalam mobil tersebut, terdapat anak kecil dan seorang yang sakit, juga terdapat paman dan bibi pemilik mobil, sehingga Serda Nurhadi berinisiatif mengambil alih kemudi mobil untuk mengantarkan mereka ke rumah sakit melalui jalan Tol Koja Barat.

Namun dalam perjalanan, mobil tetap dikerubuti kelompok penagih utang tersebut. Sehingga Serda Nurhadi beralih membawa mobil tersebut ke Polres Metro Jakarta Utara karena melihat kondisi kurang bagus tersebut.

“Serda Nurhadi sebagai Babinsa terpanggil membantu warga yang sedang sakit untuk dibawa ke RS, dan Serda Nurhadi sendiri tidak mengetahui kondisi mobil tersebut bermasalah,” jelas Kapendam Jaya.

3. Polres Metro Jakarta Utara kejar debt collector tersebut

Viral Debt Collector Mengerubuti Mobil yang Dikendarai Anggota TNIIlustrasi tahanan. IDN Times/Mardya Shakti

Permasalahan ini telah ditangani oleh Polres Metro Jakarta Utara dan Kodim 0502/Jakut. Wakil Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara AKBP Nasriadi membenarkan informasi tersebut.

Nasriadi mengatakan, saat ini para debt collector tersebut sedang dikejar oleh personel Polres Metro Jakarta Utara.

"Tersangka para debt colector tersebut sedang kami kejar," kata Nasriadi.

Adapun mobil yang dikerumuni para debt collector sudah diamankan di Markas Polres Metro Jakarta Utara.

"Mobil telah diamankan di Polres sehingga para debt collector itu enggak jadi mengambil mobilnya," ujar Nasriadi.

Baca Juga: OJK Larang Sementara Debt Collector Tarik Kendaraan, Efek Virus Corona

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya