Warga Jaksel, Hari Minggu Besok Tidak Ada CFD, Olahraga di Rumah

Ada lima lokasi CFD Jaksel yang ditiadakan sementara

Jakarta, IDN Times - Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan Budi Setiawan mengatakan, Car free Day (CFD) di Jakarta Selatan ditiadakan sementara menyusul diperpanjangnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase I untuk keempat kalinya.

Budi mengatakan, langkah ini merupakan respons Pemkot Jakarta Selatan menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meniadakan setiap aktivitas sosial yang menyebabkan kerumunan.

"Jadi CFD Ahad tanggal 16 Agustus 2020 ditiadakan sementara," kata Budi dikutip dari ANTARA, Sabtu (15/8/2020).

Baca Juga: Dishub DKI: Ada 89.587 Orang Beraktivitas di 32 Jalur Sepeda saat CFD

1. Masih banyak pelanggaran saat PSBB

Warga Jaksel, Hari Minggu Besok Tidak Ada CFD, Olahraga di RumahJalur sepeda Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Minggu (21/6/2020) (IDN Times/Uni Lubis)

Selain merespons perpanjangan PSBB, Pemkot juga beralasan, berdasarkan hasil evaluasi masih banyak ditemukan pelanggaran di kawasan khusus pesepeda saat CFD.

Pelanggaran lainnya, seperti membawa balita dan lansia ikut CFD hingga warga yang berkerumun saat berolahraga.

"Ini yang kita antisipasi, apalagi saat ini tingkat penyebaran COVID-19 di DKI Jakarta masih tinggi," ujarnya.

2. Belum diketahui sampai kapan CFD ditiadakan

Warga Jaksel, Hari Minggu Besok Tidak Ada CFD, Olahraga di RumahWarga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Lebih lanjut, Budi mengaku belum mengetahui sampai kapan CFD di Jakarta Selatan ditiadakan sementara.

"Kita belum tahu sampai kapan, perintah awal baru untuk 16 Agustus, selanjutnya tergantung hasil evaluasi pemprov," kata Budi.

Sebelumnya, CFD juga sudah sempat ditiadakan selama kurang lebih lima bulan, lalu kembali dibuka 28 Juni 2020 dan disebar di 32 lokasi di wilayah DKI Jakarta.

Budi mengimbau warga agar melakukan aktivitas olahraga di rumahnya masing-masing.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar dapat berolahraga di sekitar rumahnya masing-masing, atau tempat-tempat olahraga yang diperkenankan," ujar Budi.

3. Lima lokasi CFD Jaksel yang ditutup sementara

Warga Jaksel, Hari Minggu Besok Tidak Ada CFD, Olahraga di Rumah(Foto hanya ilustrasi) Suasana Car Free Day (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Di wilayah Jakarta Selatan terdapat lima lokasi CFD, yakni di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari di Kebayoran Baru dan Jalan Sultan Iskandar Muda di Kebayoran Lama.

Lalu, Jalan Tebet Barat Dalam Raya di Kecamatan Tebet, Jalan Kesehatan Raya di Kecamatan Pesanggrahan, dan Jalan Cipete Raya di Kecamatan Cilandak.

Baca Juga: Ada Warga Positif COVID-19, CFD di Rawamangun Ditiadakan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya