Jelang Ramadan, TPU Tanah Kusir Ramai Dikunjungi Peziarah

Penjual bunga dapat berkahnya

Jakarta, IDN Times - Tempat Pemakaman Umum (TPU), Tanah Kusir, Jakarta, yang juga tempat bersemayamnya Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Mohammad Hatta, mulai ramai dikunjungi peziarah.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Rabu (6/3/2024), terlihat peziarah berbondong datang ke TPU Tanah Kusir dengan kendaraan pribadi. Momen seperti ini memang biasa terlihat jelang Ramadan. Mereka berziarah untuk mendoakan anggota keluarganya yang telah tiada.

Diketahui, 2 Januari lalu TPU ini juga sempat dikunjungi Calon Wakil Presiden nomor urut tiga Mahfud MD. Ia datang bersama tiga putri Bung Hatta yakni Meutia Hatta, Gemala Hatta, dan Halida Hatta.

Baca Juga: Suara Ganjar-Mahfud Tertinggi di Benua Australia

1. Peziarah datang dari berbagai daerah

Jelang Ramadan, TPU Tanah Kusir Ramai Dikunjungi PeziarahPeziarah Tanah Kusir 6 Maret 2024 (IDN Times/Irsan Rufai Hamdalah)

TPU Tanah Kusir umumnya menjadi tempat ziarah warga yang sebelumnya memakamkan keluarganya dan kerabat mereka. Sejak pukul 10.00 WIB terlihat banyak kendaraan roda empat yang berparkir.  

“Biasanya (saya) kalau mau puasa kalau ada waktu ke sini buat ziarah ke makam nenek atau gak ke makam opa,” ujar Febrian Pranata, yang berziarah bersama ibunya.  

2. Penjual bunga TPU Tanah Kusir ketiban berkah

Jelang Ramadan, TPU Tanah Kusir Ramai Dikunjungi PeziarahPenjual bunga TPU Tanah Kusir menawarkan produk ke peziarah (IDN Times/Irsan Rufai Hamdalah)

Keramaian dari peziarah pun menguntungkan pedagang setempat, salah satunya penjual bunga dan air bunga. Mereka menawarkan bunga tabur dan melati ke peziarah sebelum menuruni kendaraannya. 

“Iya karena ya emang kerjanya, sistem dari pembeli begini berebut,” ujar Sela, salah seorang penjual bunga, di sela aktivitasnya.

Permintaan yang tinggi juga mengakibatkan banyak penjual bunga musiman membuka lapak di TPU Tanah Kusir.

“Kalau aku musiman, kadangnya kalau menjelang puasa sama hari raya nanti, cuma itu aja,” ucap Hariati, salah seorang penjual bunga musiman di TPU Tanah Kusir.

Baca Juga: 6 Strategi Mengelola Keuangan Selama Ramadan, Ibadah jadi Tenang

3. Awal Ramadan diperkirakan jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Jelang Ramadan, TPU Tanah Kusir Ramai Dikunjungi PeziarahMakam Mohammada Hatta. (IDN Times/Irsan Rufai Hamdalah)

Menurut laman resminya, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar pemantauan hilal awal Ramadan pada 10 Maret 2024 tepat pada 29 Syaban 1445 H di 134 titik seluruh Indonesia. 

Berdasarkan kalender Hijriah dari Kemenag, diperkirakan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan, pemantauan hilal akan dilaksanakan Kanwil Kemenag dan kabupaten/kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam, dan instansi lain di daerah setempat.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya