Kemenag Gelar PeaceSantren untuk Sebar Pesan Damai dari Pesantren

PeaceSantren pertama di Pondok Pesantren Az Ziyadah

Jakarta IDN Times - Di bulan suci Ramadan, Kementrian Agama (Kemenag) menggelar acara PeaceSantren di lima pesantren Indonesia. Acara PeaceSantren pertama berlangsung pada Sabtu (16/3/2024), di Pondok Pesantren Az Ziyadah.

Dilansir Kemenag, sejak sore ribuan santri terlihat berkumpul di halaman pesantren yang berada di daerah Duren Sawit Jakarta Timur itu. Mereka semakin ramai saat grup band GIGI membawa lagu-lagu religi. 

"Melalui kegiatan PeaceSantren ini, kita ingin menyampaikan pesan damai dari pesantren. Rangkaian PeaceSantren, kita mulai di Pondok Pesantren Az Ziyadah ini," sebut Wakil Menteri (Wamen) Agama Saiful Rahmat Dasuki pada pembukaan acara.

Baca Juga: Kemenag: Tidak Ada Larangan Gunakan Pengeras Suara di Masjid

1. Wamenag sebut pesantren merupakan entitas yang mengedepankan perdamaian

Kemenag Gelar PeaceSantren untuk Sebar Pesan Damai dari PesantrenAcara PeaceSantren oleh Kemenag, Sabtu 16 Maret (kemenag.go.id)

Selain Wamen, acara PeaceSantren di Az Ziyadah juga dihadiri Staf Khusus Menag Nuruzzaman. Hadir juga Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam M. Ali Ramdani, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jakarta Cecep Khairul Anwar, dan Pengasuh Pesantren Az Ziyadah KH Muhajir Zayadi. 

Wamenag Saiful menyebut, pesantren merupakan entitas yang mengedepankan perdamaian. “Pesantren adalah entitas yang damai dan santai,” ucapnya. Ia pun menambahkan bahwa santri merupakan orang-orang yang sabar.

“Kalau ada santri yang mudah marah biasanya nyantrinya tidak lama,” imbuh dia.

2. Bassis GIGI, Thomas Ramdhan sebut pesantren berisi orang-orang baik

Kemenag Gelar PeaceSantren untuk Sebar Pesan Damai dari PesantrenDIalog Perdana acara PeaceSantren di Az Ziyadah, Sabtu 16 Maret (kemenag.go.id)

Bassis grup GIGI, Thomas Ramdhan, mewakili kelompok musiknya berterima kasih atas undangan untuk bermain di acara PeaceSantren. 

“Kami berterima kasih kepada Kemenag yang sudah mengajak kami dalam kegiatan ini. Kami merasa senang bisa berada di pesantren," ucapnya. Ia pun menyampaikan bahwa pesantren dapat menebarkan kedamaian. 

"Pesantren itu tempat orang-orang baik berada. Tempat di mana kebaikan dijaga secara turun temurun. Semoga dengan ini, kita bisa menebarkan kedamaian ke seluruh Indonesia," tambahnya.

Selebihnya, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhan mengungkapkan alasan menggelar acara di pesantren.

"Mengapa kita pilih pesantren, karena pesantren adalah lembaga yang sudah ada sebelum negeri ini berdiri, bahkan sebelum merdeka. Pesantren Az Ziyadah sendiri sudah ada sejak 1933," ujarnya. 

Ia juga menyampaikan, secara berkelanjutan akan menyebarkan pesan perdamaian dan semangat bersama ribuan santri. "Kita belajar dari lembaga ini bagaimana menjaga keberlangsungan masyarakat dan kedamaian," ujarnya.

3. PeaceSantren akan digelar di lima pesantren di Pulau Jawa

Kemenag Gelar PeaceSantren untuk Sebar Pesan Damai dari PesantrenBand GIGI di acara PeaceSantren oleh Kemanag (kemenag.go.id)

PeaceSantren dari Kemenag merupakan roadshow ngabuburit bulan Ramadan 1445 H. Acara ini secara berurutan akan diselenggarakan di lima kota Pulau Jawa yaitu Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa TImur. 

Lima tempat tersebut dipilih karena daerah itu kental dengan budaya pesantren, dengan tradisi saat bulan puasa. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono mengatakan, lima pesantren yang menjadi tuan rumah PeaceSantren yaitu Az Ziyadah Jakarta Timur (16/3), Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang (20/3), Al Musaddadiyah di Garut (23/3), Sunan Pandanaran di Yogyakarta (27/3), dan Raudlatut Thaliban di Rembang (30/3).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya