H-1 Pemilu, Tagar #01TheChampion Masuk Trending Worldwide Twitter

Tagar ini diklaim sebagai efek exit poll Pemilu luar negeri

Jakarta, IDN Times - Sehari jelang Pemilu 2019 di Indonesia yang akan dihelat pada Rabu, 17 April 2019, jagat Twitter dibuat heboh. Penyebabnya adalah munculnya tagar #01TheChampions yang menyeruak di trending topic worldwide Twitter sejak petang tadi, sekitar pukul 18.00 WIB.

Dari pantauan IDN Times ketika berita ini ditulis, tagar #01TheChampion ada di posisi 4 besar dengan jumlah twit sudah mencapai 116 ribu twit dari seluruh pengguna Twitter.

1. Diklaim sebagai efek dari exit poll Pemilu luar negeri

H-1 Pemilu, Tagar #01TheChampion Masuk Trending Worldwide TwitterIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dari apa yang nampak di linimasa Twitter, beberapa akun yang mengetik twit dengan tagar terkait mengatakan bahwa hal ini dipengaruhi oleh hasil exit poll pemilu yang sudah diselenggarakan di luar negeri. Beberapa twit bahkan mencantumkan foto-foto terkait hasil exit poll pemilu yang dihelat di beberapa kota besar di dunia.

2. Exit poll sama dengan survei, masih memiliki margin of error

H-1 Pemilu, Tagar #01TheChampion Masuk Trending Worldwide TwitterIDN Times/Sukma Shakti

Walau menjadi pemicu munculnya tagar #01TheChampion, hasil exit poll sendiri sifatnya masih sama seperti dengan survei. Seperti survei, exit poll juga memiliki margin of error karena teknik yang digunakan sama dengan survei yakni mewawancarai orang yang baru selesai mencoblos di TPS.

Kenapa masih memiliki margin of error? Karena sejatinya, exit poll sendiri tidak mewawancarai semua pemilih yang baru saja keluar dari TPS dan menanyakan siapa paslon yang mereka coblos di bilik suara. Sementara itu, Pemilu di luar negeri sendiri memang berlangsung lebih awal daripada di dalam negeri tepatnya pada 8-14 April 2019 kemarin.

3. Sebelumnya, Jokowi juga sempat masuk trending worldwide

H-1 Pemilu, Tagar #01TheChampion Masuk Trending Worldwide TwitterIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, juga pernah masuk ke dalam trending topic worldwide. Hal ini terjadi pada debat Pilpres pamungkas yang dihelat pada Sabtu (13/4) lalu. Kala itu, tagar terkait Jokowi yang diklaim menang di debat sempat ada di 3 besar trending topic worldwide.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya