Polisi: Pelat Nomor Motor Peneror Rumah Orang Tua Veronica Koman Palsu

Polisi terus selidiki sosok peneror rumah Veronica Koman

Jakarta, IDN Times - Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Joko Dwi Harsono, mengungkap fakta baru penyelidikan kasus teror di rumah orang tua aktivis Papua, Veronica Koman. Salah satunya yakni penggunaan pelat nomor palsu pada motor yang dikendarai peneror.

"Ada dua orang pelakunya menggunakan sepeda motor, tapi pelat nomornya ternyata palsu dan memakai helm. Kami masih menyelidiki ke situ," kata Joko dikutip dari ANTARA, Sabtu (13/11/2021).

Fakta tersebut terungkap dari hasil pemeriksaan rekaman CCTV. Rekaman tersebut menangkap jelas aksi kedua pelaku saat melempar bahan peledak ke halaman rumah orang tua Veronica Koman.

1. Polisi periksa tujuh orang saksi

Polisi: Pelat Nomor Motor Peneror Rumah Orang Tua Veronica Koman PalsuIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait penyelidikan ini, Joko mengaku pihaknya sudah sudah memeriksa tujuh saksi terkait aksi teror tersebut. Akan tetapi, ia belum menjelaskan hasil pemeriksaan para saksi.

Joko mengatakan pihaknya masih melakukan pemeriksaan saksi dan pencarian barang bukti guna mengungkap pelaku teror tersebut.

"Kami juga tengah menunggu hasil dari Puslabfor terkait hasil pemeriksaan bahan peledak," kata dia.

Baca Juga: Komnas HAM Desak Kapolda Metro Usut Tuntas Teror Rumah Veronica Koman 

2. Kronologi teror ledakan di rumah orang tua Veronica Koman

Polisi: Pelat Nomor Motor Peneror Rumah Orang Tua Veronica Koman PalsuTwitter/@VeronicaKoman

Aksi teror ledakan di rumah orang tua Veronica Koman di Grogol Petamburan, Jakarta Barat, terjadi para Minggu (7/11/2021) pagi. Joko menjelaskan teror ledakan itu bermula ketika dua orang pelaku mendatangi rumah korban menggunakan sepeda motor.

Setibanya di depan rumah korban, kedua pelaku melempar benda ke dalam pagar rumah yang kemudian meledak. Ia mengatakan, usai mendengar suara ledakan keras, pemilik rumah segera menelepon Polres Metro Jakarta Barat.

3. Aksi peneroran terekam CCTV

Polisi: Pelat Nomor Motor Peneror Rumah Orang Tua Veronica Koman PalsuIlustrasi CCTV. IDN Times/Mia Amalia

Polisi pun datang ke lokasi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Mereka mendapati barang bukti berupa serpihan kertas, plastik dengan bekas cat berwarna merah, dan kabel yang diduga berasal dari benda yang meledak.

Joko menyebut aksi kedua peneror rumah orang tua Veronica Koman tersebut terekam CCTV.

"Dua orang pelaku pelemparan benda yang kemudian meledak itu diketahui dari pemeriksaan kamera CCTV, untuk meneror keluarga aktivis Veronica Koman," kata Joko pada Senin (8/11/2021).

Baca Juga: CCTV Ungkap 2 Peneror Lempar Peledak ke Rumah Keluarga Veronica Koman

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya