Polisi Selidiki Runtuhnya Ornamen di Lippo Mall Kemang

Lima orang luka ringan akibat runtuhnya ornamen

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Jakarta Selatan menyelidiki penyebab runtuhnya ornamen di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (5/3/2022). Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto menjelaskan ornamen tersebut dipasang menggunakan semen pada bagian atap mal.

"Itu ornamen yang dipasang dengan semen yang ditempel, terlepas dan jatuh. Di bawahnya ada beberapa stand yang menjual barang," kata Budhi dikutip dari ANTARA.

1. Di lantai dasar sedang pameran buku

Polisi Selidiki Runtuhnya Ornamen di Lippo Mall KemangAtap plafon Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan ambruk, Sabtu (5/3/2022). (dok. Istimewa)

Budhi mengungkapkan, saat kejadian, di lantai dasar mal sedang menyelenggarakan pameran buku. Ia menyebut aktivitas di lantai dasar tidak terlalu padat.

Budhi juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Aktivitas Lippo Mall Kemang pun masih tetap berjalan.

"Nanti kita lidik mendalam. Kita akan minta ahli untuk lakukan pemeriksaan," kata Budhi.

Baca Juga: Atap Plafon Lippo Mall Kemang Ambruk Akibat Angin Kencang, 3 Terluka

2. Lima orang terluka akibat ornamen runtuh

Polisi Selidiki Runtuhnya Ornamen di Lippo Mall KemangIlustrasi angin kencang (IDN Times/Sukma Sakti)

Sementara itu, Corporate Public Relation PT Lippo Malls Indonesia, Nidia Ichsan, menjelaskan insiden terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Ia mengatakan ornamen yang runtuh terpasang di atrium utama.

"Penyebab jatuhnya ornamen ini karena cuaca ekstrem angin kencang di atas roof," kata Nidia.

Manajemen mal mencatat lima korban luka ringan dan sudah ditangani. Operasional mal saat ini dalam kondisi normal.

3. Jabodetabek diterpa angin kencang

Polisi Selidiki Runtuhnya Ornamen di Lippo Mall KemangIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca Jabodetabek pada 5 Maret 2022. Salah satunya adalah angin kencang pada pukul 12.00 WIB.

“Peringatan dini cuaca Jabodetabek tanggal 5 Maret 2022 pukul 11.46 WIB berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 12.00 WIB,” terang BMKG dalam laman resminya.

Selain mengakibatkan rusaknya infrastruktur, angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang di 8 titik wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Jakarta Diterpa Angin Kencang, 8 Pohon Tumbang

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya