Comscore Tracker

Kemenkominfo Imbau Masyarakat Dukung Pemilihan Serentak 2020 

Disiplin protokol kesehatan jadi kuncinya

Jakarta, IDN Times – Meskipun di tengah pandemik COVID-19, gelaran Pemilihan Serentak 2020 tetap dilanjutkan setelah sempat tertunda. Pemerintah, DPR, dan KPU telah berkomitmen untuk melaksanakan Pemilihan Serentak 2020 dengan prinsip mengedepankan kesehatan agar tidak terjadi penularan COVID-19. Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020, pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 harus menerapkan protokol kesehatan tanpa mengenal warna zonasi wilayah. 

1. Sesuai instruksi Joko Widodo

Kemenkominfo Imbau Masyarakat Dukung Pemilihan Serentak 2020 Jokowi beri sambutan di Rakernas Ikatan Apoteker Indonesia pada Kamis (5/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar Pemilihan Seretak 2020 tetap dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19. Tentunya, Presiden Joko Widodo tetap menekankan pentingnya protokol kesehatan ketat selama pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020. 

Untuk itu, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk mempersiapkan segala upaya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam semua tahapan Pemilihan Serentak 2020.

Baca Juga: Pemilihan Serentak 2020: Kominfo Petakan Infrastruktur Telekomunikasi

2. Masyarakat diimbau untuk menyambut positif pemilihan serentak 2020

Kemenkominfo Imbau Masyarakat Dukung Pemilihan Serentak 2020 (Pelaksanaan Pemilu tahun 2019) Shutterstock/Sensasi

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau agar masyarakat menyambut dengan positif persiapan Pemilihan Serentak 2020.

“Meskipun pemilihan tinggal beberapa pekan lagi, tetapi masih ada suara yang pesimis atau menolak dilaksanakannya Pemilihan Serentak tanggal 9 Desember 2020 nanti. Kami mengimbau agar seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Serentak karena akan menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujar Dirjen IKP Kominfo Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

3. Pemilihan Serentak 2020 harus jadi ajang inovasi

Kemenkominfo Imbau Masyarakat Dukung Pemilihan Serentak 2020 (Surat Suara Pemilu 2019) Shutterstock/Kifti Halimah Islami

Prof. Dr. Widodo Muktiyo menjelaskan bahwa Pemilihan Serentak 2020 harus menjadi momentum tampilnya cara-cara dan inovasi baru di tengah masyarakat. Kemudian, menjadikan Pemilihan Serentak 2020 sebagai ajang adu gagasan, adu berbuat, dan bertindak untuk meredam serta memutus rantai penyebaran COVID-19. 

Pemilihan Serentak juga menjadi ajang menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia adalah negara demokrasi konstitusional serta menjaga keberlanjutan sistem pemerintahan demokratis sesuai dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945.

4. Kunci keberhasilan pemilu di tengah pandemik adalah kedisiplinan

Kemenkominfo Imbau Masyarakat Dukung Pemilihan Serentak 2020 IDN Times/Kominfo

Dalam upaya untuk mencegah munculnya klaster penularan baru, seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 diimbau untuk tetap disiplin menjalankan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Menurut Prof. Dr. Widodo Muktiyo, pelaksanaan pemilu di kala pandemik bukanlah hal yang mustahil.

“Sudah banyak contoh negara lain yang menyelenggarakan Pemilu di tengah pandemi, seperti Singapura, Jerman, Prancis, dan Korea Selatan. Kuncinya adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat pada setiap tahapan Pemilihan Serentak,” lanjut Widodo.

5. Langkah strategis Kominfo untuk dukung Pemilihan Serentak 2020

Kemenkominfo Imbau Masyarakat Dukung Pemilihan Serentak 2020 Ketua Bawaslu Abhan (kiri), Ketua KPU Arief Budiman, dan Menkoinfo Jhony G Plate menunjukkan naskah MoA pengawasan konten internet dalam Pilkada 2020 yang telah ditandatangani tiga pihak (Foto: Humas Bawaslu RI)

Kominfo akan melakukan tiga hal penting untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020. Tiga hal itu antara lain menyebarkan informasi tentang pelaksanaan tata cara Pemilihan Serentak, pentingnya penyelenggaraan Pemilihan Serentak bagi daerah, dan menyampaikan literasi yang berkaitan dengan menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19. (CSC)

Baca Juga: Kemenkominfo Ingatkan Pemilihan Serentak 2020 yang Aman dan Sehat

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya