Ada Demo di Sekitar Patung Kuda, Ini Penyesuaian Jalur Transjakarta 

Ada beberapa pengalihan

Jakarta, IDN Times - Ribuan buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Presiden, Jakarta. Kegiatan ini mulai berlangsung pukul 10.00 WIB.

Sehubungan adanya kegiatan massa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, TransJakarta menerapkan sejumlah penyesuaian rute. Unjuk rasa ini berdampak pada beberapa layanan Transjakarta yang beroperasi di sekitar lokasi.

“Kami minta pelanggan untuk dapat mengatur perjalanan selama penyesuaian ini berlangsung. Layanan akan beroperasi normal apabila jalur sudah bisa dilintasi kembali,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Wibowo, dalam keterangannya, Rabu (9/8/2023).

1. Ada pengalihan rute arah kota

Ada Demo di Sekitar Patung Kuda, Ini Penyesuaian Jalur Transjakarta Ilustrasi TransJakarta, JPO Senen (Dok. Humas PT TransJakarta)

Sejumlah rute yang alami penyesuaian imbas demo adalah sebagai berikut:

Pertama untuk Blok M - Kota (Koridor 1) mengalami penyesuaian untuk ke arah kota. Sementara untuk arah sebaliknya beroperasi normal, sehingga tidak melayani Halte Monas dan Bank Indonesia.

Rute pengalihan arah kota:

Blok M - Sarinah - lampu merah Sarinah keluar jalur - lampu merah Bank Indonesia belok kiri - Jln Kebon Sirih - Hotel Millenium belok kiri - Jln Fachrudin - Jati Baru Lurus - Jln Cideng Barat - lampu merah Tarakan belok kanan - Halte Petojo - lampu merah Harmoni belok kiri - Harmoni - Kota.

Kemudian, rute pantai Maju hingga Balaikota (1A) alami pengalihan rute, sehingga tidak melayani Halte Balaikota. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihannya:

Jl. medan medeka selatan - jln medan merdeka timur - belok kiri ke jln medan merdeka utara (depan istana) - belok kanan menuju lampu merah Harmoni.

Baca Juga: Massa Buruh Demo di MK dan Istana, Ini 6 Poin Tuntutannya

2. Rute Monas - Pologadung tidak layani pelanggan di beberapa halte

Ada Demo di Sekitar Patung Kuda, Ini Penyesuaian Jalur Transjakarta Penumpang turun dari bus Transjakarta di Halte Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (17/3/2020) (TARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kemudian, rute Monas - Pulogadung (Koridor 2) mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung, sehingga tidak melayani pelanggan di halte Monas, Balaikota dan Gambir. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihannya:

Dari Halte pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni - putar balik balik arah Juanda - via pejambon lanjut halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan

Untuk rute Pulogadung - Rawabuaya (2A) mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung, sehingga tidak melayani pelanggan di Halte Monas, Balaikota dan Gambir. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihannya:

Dari Halte pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni - putar balik balik arah Juanda - via pejambon lanjut halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan.

3. Pengalihan jalur Kalideres - Juanda

Ada Demo di Sekitar Patung Kuda, Ini Penyesuaian Jalur Transjakarta Halte TransJakarta (IDN Times/Aryodamar)

TransJakarta juga lakukan penyesuaain di jalur Kalideres - Juanda (Koridor 3) yang alami pengalihan rute untuk kedua arah.

Berikut adalah rute pengalihannya:

Arah Juanda:
Kalideres - Sumber Waras - Cideng - Petojo - Lampu merah Harmoni - Juanda

Arah Kalideres:
Juanda - Lampu merah Harmoni - Lurus Petojo - Cideng - Sumber Waras - Kalideres

PGC - Juanda (Koridor 5)
Mengalami pengalihan rute pada kedua arah sehingga tidak dapat melayani pelanggan untuk sementara pada halte Balaikota dan Monas.

Rute pengalihannya:

Arab Juanda:
PGC - Pal putih - kwitang - tugu tani - lurus gambir 1 - istiqlal - juanda - pecenongan putar balik.

Arah PGC:
Pecenongan - Juanda - lurus lampu merah almabar - Budi Utomo - PGC

Baca Juga: Warga Haiti Demo Tuntut Jaminan Keamanan dari Pemerintah

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya