Comscore Tracker

Alasan Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin Bukan saat Weekend

Jika tak diatur akan abai keselamatan

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, alasan pihaknya melakukan uji coba road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin-Jumat pukul 05.00 hingga 06.30 WIB, bukan pada saat akhir pekan. Dia mengatakan hal itu dilakukan agar aspek keamanan dan keselamatan di jalan tidak terabaikan.

"Di Senin sampai dengan Jumat itu para pegiat pesepeda sport ini menggunakan ruang jalan bersama-sama dengan kendaraan bermotor. Di sisi lain warga Jakarta beraktivitas dengan kendaraan bermotor di kawasan ini, sehingga jika tidak dilakukan pengaturan maka yang terjadi aspek, keselamatan, kenyamanan pengguna jalan di jalan area ini bisa terabaikan," kata dia di Jakarta, Senin (7/6/2021).

 

Baca Juga: Wagub DKI Sebut Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Akan Diberi Pembatas

1. Pesepeda wajib berada di jalur yang disediakan

Alasan Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin Bukan saat WeekendIlustrasi pesepeda di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (29/3/2020) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menurutnya pengaturan waktu penggunaan jalan dilakukan supaya pesepeda dan pengendara motor tidak tercampur, dan seluruh pesepeda wajib masuk ke jalur sepeda yang disediakan.

"Kami melihat bahwa waktu ideal pengaturan, terkait lintasan road bike itu disiapkan waktu, dieliminir mereka menggunakan waktu itu sehingga setelah waktu 06.30 WIB sudah tidak ada lagi pegiat sepeda yang tercampur dengan kendaraan bermotor, semua pesepeda wajib masuk ke jalur pesepeda permanen," kata dia. 

2. Uji coba di Sudirman-Thamrin hari pertama berjalan tertib

Alasan Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin Bukan saat WeekendIlustrasi bersepeda (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Syafrin mengklaim pengguna road bike terbilang tertib menggunakan jalur yang sudah disediakan dan sudah konsisten.

“Pegiat road bike yang biasanya mereka gunakan lajur paling kanan, saat ini mereka sudah menggunakan lajur paling kiri. Jadi mereka sudah konsisten,” ujarnya.

3. Peresmiannya belum ditentukan

Alasan Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin Bukan saat WeekendPesepeda menikmati jalan Malioboro yang bebas dari kendaraan bermotor. IDN Times/Febriana Sinta

Syafrin menjelaskan uji coba road bike bakal dilakukan rutin tiap Senin-Jumat, walau Dishub DKI Jakarta belum menentukan jalur tersebut kapan akan diresmikan.

“Terus kami lakukan uji coba untuk menerima masukan, menilai aspek teknis, dan pola operasional. Sehingga dalam pengaturannya itu masih implementasi, belum tahu berapa lama (uji coba),” kata dia.

4. Pesepeda di JLNT meningkat

Alasan Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin Bukan saat WeekendSejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsungnya uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Terkait uji coba road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Dishub DKI Jakarta juga mencatat pesepeda selama uji coba JLNT mengalami peningkatan. Total selama tiga kali uji coba ada 4.005 pesepeda melintas di road biker.

Perlu diketahui, uji coba jalur khusus road biker baru ada di dua titik, yaitu di Jalan Sudirman-Thamrin, dan di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang khusus setiap Minggu. 

"Yaitu pada uji coba pertama sebanyak 1.666 pesepeda road bike yang melintas di JLNT. Dan meningkat pada uji coba kedua yaitu jadi 2.499 pesepeda. Uji coba ketiga kemarin pada tanggal 6 Juni, ini kembali meningkat menjadi 4.005 pesepeda yang masuk kawasan ini atau sebanyak 60,26 persen peningkatannya," kata Syafrin.

Baca Juga: Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Dibuka Mulai 7 Juni, Siap-Siap Gowes!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya